Bisnis

70 UMKM Subang Dilatih Untuk Jago Jualan Online

SUBANG – Upaya mewujudkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat naik kelas terus gencar dilakukan. Kali ini Ukmmarket – pusat jual-beli online produk UKM Indonesia – bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Kadin Indonesia dan Kementerian Koperasi dan UKM RI (Kemenkop RI) tengah mengoptimalkan pemberdayaan UMKM melalui program yang bertajuk CATCH (Community Approach Total Channel).

Setelah melangsungkan program CATCH di Solo, Yogyakarta, Semarang, Banyumas, Malang, Sukabumi, Tasikmalaya, Cilacap, Aceh, dan Kebumen, kini giliran UMKM Subang yang mendapat giliran. Dengan pelatihan yang bertemakan “Workshop UKM Jago Jualan Online”, 70 pelaku UMKM Subang ‘diganjar’ berbagai materi dan praktik yang dibutuhkan agar mereka terampil mengelola bisnis di era digital.

Ketua Plut Kabupaten Subang, Iwan Nugraha, menjelaskan bahwa UMKM Subang sudah berjumlah 22 ribu, dan produknya didominasi oleh makanan, kerajinan tangan serta fashion. “Dengan jumlah sebanyak itu, akan sangat disayangkan bila pelaku usaha yang belum ‘melek’ teknis pemasaran online juga tak sedikit jumlahnya,” jelas Iwan saat berbicara kepada peserta pelatihan di gedung PLUT Subang, Selasa, 16/8/2016.

Ahmad kembali menegaskan, program CATCH tentu membantu pelaku usaha mikro di Subang makin melek teknologi pemasaran online. Karena materi yang diberikan mencakup cara branding, pemasaran, cara menggunakan email dan chat, cara memotret produk supaya tampilannya menarik, cara membuat deskripsi produk yang efektif, hingga materi dasar search engine optimization (SEO) dan pemanfaatan e-commerce.

Andhika Wahyu, Sales Marketing Ukmmarket memaparkan, rangkaian program CATCH diselenggarakan untuk semakin mematangkan upaya PLUT dalam membantu pertumbuhan UMKM dari berbagai aspek. Mulai dari perencanaan bisnis, produksi yang baik, networking, pemasaran yang jitu hingga pembukuan yang benar agar pengelolaan bisnisnya efektif dan dapat membawa usaha mereka jadi kian besar.

Andhika menilai, kendala UMKM tak melulu soal modal, workshop dan pelatihan seperti ini efektif untuk mendukung pemasaran produk andalan UMKM di berbagai daerah. Dan yang juga penting adalah mampu membina embrio kewirausahaan agar berkembang secara mandiri dan berdaya. “Kami optimis terhadap bersarnya dampak positif program ini,  terlebih kegiatan ini juga terintegrasi dengan rangkaian program pelatihan UMKM yang dinaungi oleh Kemenkop RI dan Kadin Indonesia. Dengan terus bahu-membahu menebar inspirasi dan referensi seperti ini, UMKM Indonesia pasti bisa jaya!” seru Andhika.

September mendatang, Program CATCH akan dilangsungkan di PLUT Kab. Simalunggun, Sumatera Utara. Cara pendaftarannya selalu sama, peserta diminta membawa produknya untuk workshop foto produk dan memiliki email serta nomor rekening. Workshop dan pelatihan ini gratis, panitia CATCH juga akan mengevalusasi setiap kemajuan maupun kendala yang dihadapi peserta CATCH.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top