Bisnis

BI Buka Kas Titipan di Kabupaten Subang

Penandatangan perjanjian kerjasama pembukaan kas dilakukan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat dengan pimpinan BJB Cabang Subang Riki Achmad Nurdin

SUBANG – Bank Indonesia (BI) membuka kas titipan di Bank Jabat Banten (BJB) Cabang Subang, Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat daerah itu yang jauh dari kantor BI.

Penandatangan perjanjian kerjasama pembukaan kas tersebut dilakukan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat dengan pimpinan BJB Cabang Subang Riki Achmad Nurdin dengan disaksikan langsung oleh Plt Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih di Kantor BJB Cabang Subang, Rabu (24/5/2017).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Grup Departemen Pengedaran Uang Luctor E. Tapiheru, Pimpinan Wilayah I BJB Isa Anwari, Ketua Pengadilan Negeri Subang Yuli Sithesa Tristania, Kepala Kejaksaan Negeri Subang Chandra Cahya Welo, wakil Dandim dan Wakapolres Subang Kompol Eko Munarianto.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang No 23 tahun 1999, terakhir diubah dengan undang-undang No 6 tahun 2009, salah satu tugas pokok dan fungsi BI adalah mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

Selain itu, telah diamanatkan dalam undang-undang No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, BI memiliki kewenangan dan tugas pengelolaan uang rupiah mulai dari perencanaan, pencetakan, pebgeluaran, pengedaran, serta pencabutan dan penarikan, sampai dengan pemusnahan.

“Dengan berdasarkan kepada tugas dan pokok BI tersebut, maka hari kami membuka kas titipan di BJB Cabang Subang, semoga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan uang,” kata Wiwiek Sisto Widayat.

Menurut Wiwiek, kas titipan di wilayah Jawa Barat saat ini ada tiga. Dari tiga kas itu, satu di Serang langsung diawasi oleh pusat dan dua diantaranya ya ini di Sukabumi dan Subang diawasi oleh Jawa Barat.

“Iya, untuk seluruh Indonesia ada 76 kas titipan, sedangkan di Jabar ada tiga. Termasuk di Subang yang hari ini baru dibuka,” katanya.

Untuk tahap pertama kas titipan BI di Subang menyediakan uang sebesar Rp 150 miliar. Hal tersebut berdasarkan hasil kajian karena di wilayah Subang nilai transaksi per hari mencapai Rp 15 miliar.

“Jumlah transaksi di Subang itu cukup besar, maka dengan adanya kas ini semoga bisa mempermudah masyarakat untuk mendapatkan uang, tanpa harus menunggu terlebih dahulu,” katanya.

Selanjutnya Plt Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih mengapresiasi dengan dibukanya kas BI di wilayah Subang. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu masyarakat dan industri dalam memperoleh uang.

“Apalagi sekarang industri mulai bergeliat, ditambah pasar bebas MEA sudah dimulai, maka dari itu harus disiapkan, utamanya masalah perbankan. Mudah-mudahan dengan dibukanya kas ini, kita nantinya tidak ada kekurangan uang. Tidak akan susah dalam pencairan,” kata Imas.

Dalam pembukaan kas titipan BI di BJB Cabang Subang itu, setelah melakukan Penandatangan perjanjian antara BI dan BJB, lalu dilakukan gunting pita kas titipan yang dilakukan oleh Plt Bupati Subang di lantas I BJB Cabang Subang.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top