Bisnis

Tambah Kapasitas Produksi, PDAM Subang Gandeng Investor

SUBANG – Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan menjangkau semua keamatan di kabupaten Subang, Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Rangga akan mengandeng investor.

Direktur Utama PDAM Tirta Rangga Kabupaten Subang Suryana mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat yang belum terlayani pasokan air PDAM, terutama masyarakat yang berada di daerah pelosok.

Tercatat dari 30 kecamatan, pasokan air dari perusahaan milik Pemkab Subang itu baru menjangkau 24 kecamatan. Sedangkan sisanya masih belum terjangkau seperti kecamatan Serangpanjang, Ciater, Sukasari, Cikaum, Pagaden Barat dan Cipenduy

“Iya, dari 30 kecamatan itu, ada 6 kecamatan lagi yang belum terlayani.  Maka dari itu, program PDAM kedepan, kita akan bekerja sama dengan investror untuk melayani dan menambah kapasitas di kabupaten Subang,” kata Suryana kepada Mediajabar.com, Rabu (11/10/2017).

Suryana mengatakan dari 26 kecamatan yang sudah terjangu, tidak semua desa terlayani. Jika meliihat dari data dari 1,5 juta penduduk di Subang, yang baru terlayani PDAM itu baru mencapai 16,67 persen atau sekitar 256 ribu jiwa saja.

“Tidak semua masyarakat yang terjangkau PDAM itu terlayani, seperti di PDAM cabang Subang ada sekitar 24 desa yang belum terlayani. Maka dari itu kedepan kita perlu adanya peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia,: katanya.

Untuk meningkatkn kapasitar produksi tersebut, sudah ada beberapa invesotor yang mendatangi PDAM, namun belum ada yang memiliki kecocokan. “Sudah puluhan investor, namun belum ada yang klop, mungkin karena PDAM ini adalah perusahaan padat modal. Jadi ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan,” katanya.

Suryana optimis jika bekerja sama dengan investor, nantinya pelayanan terhadap masyarakat akan lebih maksimal dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat. Apalagi saat dengan adanya akses tol Cipali, membuat banyak perusahaan pengembang perumahan tertarik berinvestasi di Subang.

Sehingga dengan adanya kawasan perumahan baru, membuat kebutuhan air semakin meningkat. Untuk mempersiapkan itu, PDAM terus melakukan upaya untuk meningkatkan pelayan dan mempersiapkan sumber daya manusia yang handal.

“Kemarin juga kita kedatangan satu investor, sebenarnya banyak yang tertarik, namun ada beberapa hal yang membutuhkan bantuan dari pemerintah,. Seperti pembangunan pipa dibantu pemerintah, jadi kalau yang mahal itu disana,” pungkasnya.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top