Daerah

Aset Ratusan Miliar, PAD PDAM Subang Hanya Rp 500 Juta

SUBANG – Memiliki aset sekitar Rp 145 miliar dan selalu mendapat bantuan dari pemerintah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM)  Tirta Rangga Kabupaten Subang hanya Rp 500 juta.

Nilai aset dan bantuan yang selalu dikucurkan pemerintah, namun tidak berbanding lurus dengan nilai PAD, membuat sejumlah kalangan menyoroti perusahaan air milik Pemkab itu.

“Iya, itu masa bantuan setiap tahunnya selalu ada dari pemerintah, asetnya juga banyak. Tapi PAD-nya kok tetap aja Rp 500 juta,” kata aktivis anti korupsi Kabupaten Subang Enjang Blek kepada Mediajabar.com, Selasa (29/8/2017).

Menurut Enjang, saat ini perusahaan air milik Pemkab itu sudah mampu menyediakan pasokan air di hampir semua kecamatan, namun sampai saat ini PAD dari Perusahaan tersebut tidak ada kenaikan yang signifikan.

“Dari dulu hanya Rp 500 juta, padahal nilai PAD jika dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh, saya kira sangat jomplang,” katanya.

Dirut PDAM Tirta Rangga Kabupaten Subang Suryana mengatakan bahwa PAD dari PDAM memang di angka Rp 500 juta dengan jumlah aset Rp 145 miliar.

“Iya, memang jumlah PAD dan asetnya segitu. Untuk aset yang banyak milik itu milik pemerintah pusat,” kata Suryana.

Saat ini menurut Suryana PDAM sudah mampu menyediakan air untuk masyarakat di 26 kecamatan. Hanya enam kecamatan yang belum teraliri air dari Perusahaan milik Pemkab itu.

“Ada enam kecamatan lagi yang belum. Kita targetkan PDAM ada di semua kecamatan,” katanya.

Comments
To Top