Daerah

BUMDES Desa Kumpay Dalam Proses Pembangunan

SUBANG – Pendamping Desa (PD) Kecamatan Jalancagak, Sugianto, menegaskan, sudah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan Dana Desa (DD) Tahun 2017 di Desa Kumpay, termasuk pembangunan BUMDES Kumpay Jaya, sejak Agustus lalu.

Dalam monev yang berlangsung sebulan lebih, dari 2 Agustus-12 September 2017 tersebut, Tim Fasilitasi/Tim Pendamping Desa Kecamatan Jalancagak menemukan, jika pelaksanaan pembangunan market BUMDES Kumpay Jaya tidak sesuai.

Dia menjelaskan, hasil monev ini dilaporkan ke pihak kecamatan, dan langsung dirapatkan oleh tim fasilitasi kecamatan yang di dalamnya pendamping desa, yang kemudian merekomendasikan dikeluarkannya surat himbauan.

Pihak kecamatan lalu mengeluarkan surat himbauan tertanggal 13 September 2017, yang ditujukan kepada Kades Kumpay, LPM, BPD dan TPK (Tim Pelaksana Kegiatan).

“Dalam surat itu, kami dari Tim Fasilitasi dan pihak kecamatan mengimbau jajaran pemerintah desa, untuk meninjau hasil pembangunan market BUMDES Kumpay Jaya, dan agar segera memerbaiki serta melaporkan hasil perbaikan pembangunan ke tim kecamatan,”tutur Ugie, sapaan akrab Sugianto, Kamis (12/10/2017).

Saat itu, pihak desa bersama TPK menyatakan siap melakukan perbaikan sesuai himbauan tim kecamatan. Namun saat itu, perbaikan pembangunan masih menunggu kepulangan kades dari menjalankan ibadah haji.

“Alhamdulilah, saat ini perbaikan pembangunan sedang berlangsung,”ucap Ugie.

Dia menegaskan, pembangunan BUMDES tersebut dilaksanakan oleh TPK yang diberi SK oleh Kades.

“Kades sendiri bukan merupakan pelaksana, melainkan TPK yang melaksanakan pembangunan teknis. Dalam hal ini, selaku Pendamping Kecamatan, kami juga hanya berperan memfasilitasi dan mendampingi, bukan sebagai pelaksana,”tegasnya.

Pihak Pemdes Kumpay juga menyatakan, pembangunan BUMDES belum selesai dan nantinya akan terdiri dari dua bagian, yakni gudang dan market. Saat ini, pembangunan sedang dalam tahap pengerjaan.

Camat Jalancagak, Wahyu Suryana, membenarkan, sudah mengirim surat himbauan kepada pemerintah desa, yang isinya menginstruksikan agar memerbaiki bangunan tersebut.

“Alhamdulillah sudah ada tindaklanjut, bangunannya sedang dalam proses pengerjaan,” pungkasnya.

Comments
To Top