Daerah

Bupati Subang Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

SUBANG – Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih menbuka acara Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Kader dalam Pencanangan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) se-Kabupaten Subang yang digelar di lapangan desa Tanggulun Barat Kecamatan Kalijati, Subang, Senin (4/12/2017).

Peserta yang mengikuti Jumbara ini sebanyak 900 orang perwakilan dari 40 Puskesmas se-Kabupaten Subang yang terdiri dari 15 orang kader kesehatan dan 5 orang karyawan Puskesmas.

Selain dihadiri para kader, acara tersebut juga dihadiri Dandim 0605 Subang Letkol inf. Fikri Ferdian Asda I, Kadishub, anggota DPRD Subang dari PKS, para camat dan para kepala desa.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya terutama mensukseskan Germas dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) terutama dalam keluarga,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Dwinan Marchiawati.

Tujuan Jumbara ini ialah untuk mensosialisasikan Germas, pencanangan dan komitmen masyarakat untuk melakukan Germas, meningkatkan perilaku hidup bersih, meningkatkan persaudaraan antar kader dan menjalin kerjasama antar kader, pemerintah dengan pihak terkait.

“Kita berupaya untuk mengubah prilaku masyarakat dengan germas ini dimana didalamnya ada 7 aktivitas agar badan sehat dan bersih,” tambahnya.

Ke-7 aktivitas dalam Germas yang harus dibiasakan ini diantaranya, melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

“Namun untuk 2017-2018 ada 3 indikator yang difokuskan yaitu melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur dan periksa kesehatan rutin,” imbuhnya.

Dalam acara ini juga diserahkan sertifikat kepada 12 Desa ODF (Open Defection Free) yaitu desa yang masyarakatnya terbebas dari buang ai besar sembarangan.

Kemudia Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih berterima kasih kepada seluruh kader, karena telah membantu pemerintah untuk mengajak agar masyarakat biasa hidup sehat.

“Sehingga Alhamdulillah berkat semuanya kita di Jabar no 1 untuk ODF, yaitu sebanyak 146 desa dari 253 desa di Subang,” katanya.

Apalagi tambahnya pada kegiatan ini bertambah 12 desa, sehingga jumlahnya menjadi 158 desa artinya sudah lebih dari 70 persen.

“Ini semua tentunya bukan berkat saya sebagai bupati tapi hasil kerja semua yang ada disini, apalagi dengan Germas ini tentunya menjadi motivasi untuk terus mengajak masyarakat hidup sehat,” tegasnya.

Ia pun menjelaskan, bahwa berbagai penghargaan yang Subang raih bukan semata ingin dapat penghargaannya namun menandakan adanya kemajuan saat ini.

“Apalagi kita juga mendapat penghargaan nasional tertinggi kemarin, sawasti saba wistara dan besok juga kiga mendapat lagi untuk program sanitasi,” pungkasnya.

Comments
To Top