Daerah

Danramil Wanayasa Kunjungi Warga Penerima Rutilahu

PURWAKARTA – Puluhan rumah tidak layak huni (rutilahu) di wilayah hukum Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mendapat bedah rumah atau perbaikan.

Program bedah rumah atau disebut rutilahu di wilayah Koramil Wanayasa ini membawahi tiga kecamatan, diantaranya Kecamatan Wanayasa, Pondok Salam dan Kecamatan Kiarapedes.

Ada sekitar 90 rutilahu yang mendapat perbaikan dan program perdana rutilahu TNI AD Kodam Tiga Siliwangi yang bekerjasama dengan pemerintah Propinsi Jawa Barat Tahun Angaran 2017 di wilayah Kodim 0619 Purwakarta melalui Koramil 1901 Wanayasa ini.

Puluhan rumah yang medapatkan program ini tersebar disebanyak tiga Kecamatan, dengan rincian di kecamatan Pondok Salam sebanyak tiga desa, kecamatan Wanayasa satu desa dan lecamatan Kiarapedes satu desa.

Menurut Danramil Wanayasa Kapten Wahyu saat melakukan kunjungan ke rumah warga yang mendapat rutilahu di desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes senin (04/12/2017) siang mengatakan, bahwa wilayah Koramil Wanayasa ada sebanyak 90 rumah yang tidak layak huni mendapatkan bantuan perehaban dari Provinsi.

“Iya, untuk di tiga kecamatan ini ada 90 rumah yang mendapat bantuan rutilahu dari provinsi, diantaranya di desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes,” kata Danramil.

Danramil menambahkan, program perdana TNI AD ini sangat membantu masyarakat, khususnya di wilayah Koramil Wanayasa. Karena program rutilahu atau perehaban rumah tidak layak ini sangat di terima di tengah-tengah masyarakat.

“Banyak masyarakat yang bersyukur akibat rumahnya di rehab,” katanya.

Sementara di singgung mengenai berapa besar anggaran dalam perehaban setiap rumahnya, Danramil menyebutkan pihaknya hanya memberikan material sesuai apa yang di butuhkan oleh pemilik rumah.

“kita hanya menerima berupa bahan dari suplayer, karena suplayer sendiri harus diperifikasi sesuai undang-undangnya, kita hanya terima berupa material. Itu hanya dana stimulan yang artinya hanya untuk memancing hingga pengerjaannya kita bersama sama dengan TNI, sementara di bagi dua pencairan, 50:50 persen,” tandasnya.

Danramil berharap dengan adanya program rutilahu ini bisa memberikan kebahagian tersendiri bagi warga Jawa Barat, khususnya di wilayah Koramil Wanayasa untuk hidup lebih bahagia dan lebih nyaman lagi, karena penerima perehaban ini kebanyak dari kalangan jompo yang telah janda dan duda.

Sepeti diketahui, rumah yang mendapat bantuan dari rutulahu ini diantaranya di Kecamatan Pondok Salam di desa Gurudug, Situ dan desa Pondok Bungur, di Kecamatan Wanayasa di desa Sumurugul dan di Kecamatan Kiarapedes di desa Cibeber.

Comments
To Top