Daerah

Datang ke Subang, Oo Sutisna Dengarkan Keluahan Petani

SUBANG – Sejumlah petani yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Subang menyampaikan beberapa keluhan yang mereka alami di hadapan Anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra Oo Sutisna, Rabu (9/08/2017).

Keluhan yang mereka sampaikan kepada Oo Sutisna dalam kegiatan reses itu, diantaranya soal pemberdayaan para produsen pupuk organik dan permintaan bantuan dana operasional pembentukan kelompok tani.

Dalam pertemuan bersama petani tersebut, Oo Sutisna didampingi pula oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Endang Sutarsa, Kepala Dinas Pertanian Jaja Rohamaja, Kasubdivre Bulog Subang.

Oo Sutisna menyatakan bahwa sudah selayaknya petani khususnya di Subang meningkatkan upaya kewirausahaan. Misalnya menjadi distributor pupuk bersubsidi. Kelompok tani juga diharapkan bisa menyerap atau membeli hasil panen para petani.

“Pola usaha tani juga harus coba diubah. Jangan hanya panen terus jual. Tapi panen olah dulu kalau bisa agar nilai jualnya lebih tinggi. Atau menjadi distributor pupuk bersubsidi, agar punya tambahan pendapatan selain bertani,” kata Oo.

Menurut Oo, petani harus lebih berdaya secara ekonomi. Mereka ujung tombak ketahanan pangan Negeri ini. “Kalau menjadi petani itu menguntungkan, maka generasi muda yakin akan tergiur juga menjadi petani,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Jaja Rohamaja menjawab keluhan petani di atas. Dia mengaku setuju dan sangat mendukung keinginan para petani.

“Seharusnya subsidi pupuk itu jangan ke BUMN tapi disalurkan ke petani dan produsen pupuk bersubsidi lokal. Kalau soal BOP kelompok tani, itu kita upayakan dengan pemerintah pusat,” ujarnya.

Comments
To Top