Daerah

Disnakertrans Jabar Pastikan Hak TKW Een dipenuhi Majikan

Kantor Disnakertrans Jabar

BANDUNG – Kasus Een Rohayati tenaga kerja wanita (TKW) asal Subang Jawa Barat yang 10 tahun bekerja tanpa gaji di Arab Saudi memang menjadi awan hitam para TKI yang bekerja di negeri pimpinan Raja Salman. Kini pasca video youtube yang tersebar di jagad maya kini Een warga Pagaden Barat telah berada di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh.

Ditemui di kantornya Kasi Pelayanan dan Fasilitasi Tenaga Kerja Luar Negeri, Balai Pelayanan TKI Terpadu Disnakertrans Provinsi Jawa Barat, Zamhur membenarkan jika Een Rohayati telah berada di KBRI. Zamhur juga menyebutkan pihaknya telah bekerjasama dengan intansi lainnya terkait TKI warga kabupaten Subang tersebut.

“Terkait TKI Een dan sekarang sudah berada di KBRI adalah hasil kerja keras Kemlu disana dan tentunya ini merupakan kerjasama dalam berkoordinasi antara lembaga terkait baik Provinsi, Kabupaten, Kemlu dan BNP2TKI,” tegasnya.

Masih menurut Zamhur pemerintah Indonesia telah mengupayakan gaji dia bisa terpenuhi karena kasus tersebut telah didalami dan diketahui pihak-pihak yang harus bertanggung jawab.

“Insya’allah hak-hak Een warga Subang yang gajinya 10 tahun tak dibayar akan terpenuhi karena majikan dan agencynya sudah diketahui,” pungkas Zamhur.

Diberitakan sebelumnya TKW asal Subang bernama Een Rohayati sudah bekerja di negara Arab Saudi selama 10 tahun tanpa digaji. Adanya TKW asal Subang yang tidak digaji selama bekerja di Arab Saudi tersebut sekarang sudah menjadi buah bibir di dunia maya. Sebuah video yang diunggah di akun media sosial YouTube memperlihatkan Een Rohayati yang ingin pulang.

“Saya minta tolong pak, saya kerja disini 10 tahun tidak digaji. Saya minta pulang nggak bisa dipulangin. Nama saya Een Rohayati asal Subang, Jawa Barat,” kata Een Rohayati dalam video tersebut.

Video yang berjudul TKW Arab Kerja 10 Tahun Nggak Digaji itu, menyebar dan mendapat respon dari berbagai pihak. Termasuk DPRD Kabupaten Subang.

“Kita sudah lihat video itu, dan sudah dicek. Ternyata memang benar ada. Een Rohayati itu merupakan warga Pagaden Barat,” kata Anggota Komisi IV DPRD Subang Nurul Mukmin.

Comments
To Top