Daerah

KASBI Subang Ingatkan PT Cibadak Indah Sari Farm Jangan Lakukan PHK Sepihak!

SUBANG – PHK sepihak yang dilakukan oleh  PT. Cibadak Indah Sari Farm terhadap sejumlah buruh berbuntut panjang. Akibat ulah perusahaan tersebut, membuat buruh yang tergaung dalam Federasi Serikat Buruh Persatuan anggota dari Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Subang melawan.

Tindakan perusahaan terhadap para buruh yang juga pengurus dan anggota Serikat Buruh Cibadak Indah Sari Farm dinilai sudah melanggar aturan, sudah beberapa kali buruh di-PHK sepihak, selain itu banyak hak-hak normatif buruh yang tidak dijalankan oleh perusahaan.

“Sebenarnya permasalahan ini sudah berlarut-larut terjadi sejak dari tahun 2012, dan pada tahun 2015 buruh Cibadak juga sudah membuat laporan kepihak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Subang. Namun dibiarkan,” kata Ketua KASBI Subang Anang Kusnandar saat melakukan audiensi di ruang rapat paripurna gedung DPRD Subang Kamis (7//9/2017).

Dalam audiensi tersebut terlihat hadir dari kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang Asep Nuroni di dampingi pengawas ketenagakerjaan provinsi, Ketua DPRD Subang Beni Rudiono dan ketua komisi IV Raska yang membidangi ketenagakerjaan. Selain itu, terlihat hadir pula perwakilan dari pihak PT. Cibadak Indah Sari Farm.

Seperti diketahui, audiensi bersama sejumlah pihak tersebut merupakan kelanjutan dari permasalahan yang terjadi di PT. Cibadak indah Sari Farm. Permasalahan bermula dari keputusan perusahaan yang melakukan PHK sepihak terhadap buruh Cibadak. Berbagai upaya mediasi bersama pihak perusahaan sudah ditempuh, namun tidak menghasilkan kesepakatan. Hingga akhirnya buruh mengadukan pelanggaran yang dilakukan perusahaan ke DPRD Subang.

“Hari ini kita mendampingi anggota serikat buruh Cibadak Indah Farm untuk memenuhi panggilan dari pujak DPRD Subang untuk menjelaskan seluruh perkara yang kita adukan. Permalasahan ini sudah berlarut-larut, dan tidak kunjung selesai. Oleh karena itu kami minta perusahaan untuk kembali mempekerjakan buruh yang di-PHK dan menaati seluruh aturan ketenagakerjaan,” tegas Anang.

Dalam kesempatan itu, Kepla Disnakertrans Subang Asep Nuroni mengatakan dari sejumlah laporan memang perusahaan tidak menjalankan hak-hak normatif buruh seperti upah di bawah UMK, cuti, tidak megikuti BPJS, lembur yang tidak dibayar dan masih banyakpelanggaran lainnya.

“Dan kita tegaskan perusahaan agar menjalankan semua hak-hak normatif buruh. Jika tidak tentunya ada sanksi,” kata Asep.

Dalam audiensi tersebut, pihak perusahaanpun yang hadir menyampaikan secara lisan akan mempekerjakan kembali buruh-buruh yang di-PHK dan akan memberikan hak-hak normatif bagi buruh-buruh PT. Cibadak Indah Sari Farm.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top