Daerah

Kelola Dana Desa, APDESI Jabar Ingatkan Para Kades Lakukan Advokasi

Suasana Muscab III Apdesi Kab. Subang

SUBANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat, Enjoy Rizki, GDL menegaskan perlunya melakukan advokasi untuk para kades untuk pengelolaan dana desa.

“Sekarang kan banyak dana siluman dan harus benar kita kelola dengan baik sehingga pengelolaannya dilakukan dengan baik,” ujar Enjoy Rizki saat menghadiri pembukaan
Musyawarah Cabang III (Muscab) Apdesi Kabupaten Subang di Aula CRR, Ciater Subang, Selasa (3/10/2017).

Dikatakan, peran Apdesi inilah kemudian dengan beberapa programnya akan berdampak positif untuk kesejahteraan para kepala desa.

“Karena di dana desa ini tak ada peruntukannya bagi kesejahteraan untuk desa, baru hanya dari ADD dan itu berarti baru bupati yang memberikan kesejahteraan kepada kepala desa,” ucapnya.

Enjoy juga berpesan buat kepengurusan Apdesi mendatang untuk selalu konsolidasi dan koordinasi serta komunikasi dengan sesama anggota dan pimpinan.

“Dari 245 desa di Subang kami berharap seluruh kades hadir di pendopo saat pelantikan nanti, karena hari ini akan menentukan siapa yang akan memimpin,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Subang Imas Aryumningsih yang membuka Muscab tersebut merasa yakin dengan Muscab tersebut akan menghasilkan pemimpin yang benar diharapkan dan menjadikan pengelolaan mengenai dana desa sebgai anugerah bukan racun.

“Bila kita kelola sesuai aturan maka kita akan selamat. Saya begitu peduli kepada kepala desa karena memang dari kecil menjadi anak kades sehingga bisa merasakan,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa daerah yang sukses dan maju dilihat dari pemerintah desanya. Maka dirinya mengajak bersama motekar, apalagi dengan adanya Apdesi harus makin kompak.

“Harus percaya diri menunjukkan kita motekar karena kepala desa merupakan ujung tombak dari pemerintah baik kabupaten maupun pusat sehingga harus bisa mengayomi juga semuanya harus kompak dan menjaga kebersamaan,”tutupnya.

Acara yang bertemakan “dengan Apdesi kita wujudkan desa membangun Indonesia dengan semangat kerja bersama,” yang mewakili 3 delgasi dari masing-masing Kecamatan dan  terdapat 29 kecamatan karena satu Kecamatan terdiri dari kelurahan yaitu kecamatan Subang, dengan peserta keseluruhan 89 orang.

Comments
To Top