Daerah

KPU Subang Gelar Bimtek Pemutakhiran Data

SUBANG – Dalam rangka pemutakhiran data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Fave Haotel, Selasa (9/1/2017).

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Subang Suryaman, bimtek ini dilakukan karena di Jawa Barat ada sistem yang digunakan pada pencocokan dan penelitian data pemilih yang dinamakan Sistem Pencocokan dan Penelitian (Sicoklit).

Dengan sitem itu, nanti data dari KPU RI berupa DP4 yang sudah disinkronisasi kemudian diimpor kepada Sicoklit. “Nanti akan ketahuan data ganda baik ganda nama, alamat atau pun NIP. Sistem itu akan membersihkannya,” kata Suryaman.

Kemudian kata dia melalui kegiatan ini diberikan bimbingan tentang tata cara mengunduh data dari Sistem Data Pemillih (Sidalih) untuk kemudian diunggah kembali ke Sidalih untuk jadi data pemilih sementara.

Tanggal 20 Januari 2018, pihak KPU Subang akan melakukan coklit serentak dilakukan komisioner yang akan mendampingi PPDP sampai PPS.

Dalam pelaksanaannya akan menyasar para pesohor atau tokoh masyarakat. “Misalnya di Subang ini ada tokoh nasional seperti Bapak Ermaya yang teridentifikasi menjadi pemilih di (Kecamatan) Binong. Nanti kita akan prioritas ke sana,” imbuhnya.

Kemudian kata dia priortitas selanjutnya pasangan bakal callon. “Tanggal 10 nanti akan ada pasangan bakal calon yang akan dicoklit tingal dibagi saja,” imbuhnya lagi.

Menyasar para pesohor dan tokoh masyarakat adalah sebagai strategi pemutakhiran data. Untuk memberikan teladan bagi tokoh masyarakat yang bisa peduli pada proses tahapan Pemilu.

“Kegiatan coklit akan datang ke rumah-rumah oleh PPDP di dampingi oleh komisioner minimal lima orang,” pungkasnya.

Comments
To Top