Daerah

Musim Paceklik, Panen Padi di Subang Terus Berlangsung

SUBANG – Operasi Khusus (Upsus) di wilayah Subang dinilai berhasil. Hal tersebut terlihat dari kegiatan panen raya yang tetap bisa digelar pada musim paceklik pada bulan Desember 2017.

Secara simbolis panen raya di wilayah Subang telah dilaksanakan di Kampung Cinangka Desa Salam Kecamatan Paburan, Subang yang merupakan lahan milik Jimi seluas 4.200 meter persegi, Rabu (20/12/2017).

Kegiatan panen raya dihadiri Kepala Balitbang Jawa barat dr. Liverdi, Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian, Kepala Upsus Prov Jabar Ir. Banu Hanapi, Kepala UPTD Pabuaran Heri Heperi, Camat Pabuaran Dikdik Solihin, Kapolsek Pabuaran Akp Zaenal, Danramil Pabuaran Kapten Inf Sanadi, para Kelompok Tani, dan para Babinsa.

“Memasuki musim paceklik 2017, kegiatan panen padi di Subang terus berlangsung untuk memenuhi konsumsi masyarakat. Jadi pasokan beras cukup sekaligus harga beras stabil,” Kepala Upsus Provinsi Jabar Ir. Banu Hanapi.

Banu mengatakan panen padi kali ini adalah buah dari gerakan tanam padi di bulan September 2017. “Peran Babinsa dan penyuluh lapangan yang terjun langsung ke lapangan tidak bisa kita pungkiri mendukung capaian ini sehingga proses produksi berjalan lancar,” katanya.

Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian mengatakan, sangat bersyukur karena pada musim paceklik ini petani di wilayah Subang bisa tetap melaksanakan panen.

“Keberhasilan ini merupakan bentuk kerja keras para petani dan tentunya bukti keberhasilan upsus,” kata Dandim.

Selama ini menurut Dandim, TNI di wilayah Subang sesuai dengan mandat dari pimpinan terus mengawal petani dalam rangka mensukseskan program pemerintah pusat.

“Kita siap mengawal para petani untuk mencapai swasembada pangan, sesuai dengan program pemerintah,” katanya. 

Setelah melakukan panen raya di Kampung Cinangka Desa Salam Kecamatan Paburan, Subang kegiatan dilanjutkan mengunjungi balai penelitian PB PADI yang berandai di Ciasem.

Comments
To Top