Daerah

Panwaslu Panggil BKPSDM Subang Terkait Dugaan Pelanggaran Calon Petahana

SUBANG – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) memanggil pejabat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Subang, Kamis (11/1/2017).

Menurut informasi, pemanggilan tersebut dilakukan terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan calon petahana Hj. Imas Aryumningsih karena melakukan mutasi atau rotasi menjelang tahapan pilkada dimulai.

Ketua Panwaslu Subang Raskim mengatakan, pihaknya memang telah melakukan pemanggilan terhadap pejabat BKPSDM untuk melakukan klarifikasi terkait persoalan tersebut. Sebab, ada aturan yang melarang kepala daerah melakukan mutasi atau rotasi 6 bulan sebelum memasuki tahapan pilkada.

“Hari ini dari pihak BKPSDM telah menyerahkan berkas berupa dokumen dari Kemendagri,” kata Raskim kepada Mediajabar,com saat ditemui di kantor Panwaslu Subang.

Dugaan pelanggaran yang disangkakan kepada calon petahan itu seperti diketahui berdasarkan pada Undang Undang No. 10 Tahun 2016 yang isinya untuk petahana dilarang melakukan rotasi mutasi pejabat 6 bulan sebelum penetapan. Kecuali ada surat izin atau persetujuan dari Kemendagri.

“Nah, setelah mendapat penjelasan berikut bukti-bukti, kita simpulkan permasalahannya dianggap selesai dan sesuai aturan,” tambah Raskim.

Kabid Mutasi, Wawan Gunawan saat ditemui di kantor Panwaslu Subang mengatakan, kalau pihaknya tidak ada masalah dengan adanya tudingan macam-macam termasuk pemanggilan Panwaslu.

“Kita sudah jelaskan semuanya dan sebenarnya pada saat pelantikan telah dibacakan adanya persetujuan Mendagri Bernomor 821/9378/SJ tertanggal 27 Desember 2017, “ katanya.

Wawan menegaskan bahwa pihaknya sudah mengantongi surat ijin atau persetujuan dari Kemendagri. Sehingga permasalahan selesai. “Iya, menurut aturankan 6 bulan sebelum penetapan. Kita hitungnya dari bulan Agustus kesini. Nah, kalau pelantikannya sebelum bulan Agustus berarti tidak usak memakai surat izin lagi,” katanya.

Seperti diketahui, Imas Aryumningsih telah melakukan pengangkatan dan pelantikan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Subang pada Rabu (3/1/2018) lalu. Adapun pejabat yang dilantik Imas adalah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ade Rusyana dan merotasi puluhan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Subang lainnya.

Comments
To Top