Daerah

Penyebab Pohon Tumbang di Lembang Siklon Tropis Dahlia

LEMBANG – Ada Sembilan desa yang berada di Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang dilaporkan ada peristiwa pohon tumbang. Ternyata penyababnya adalah siklon tropis dahlia.

Selain menumbangkan pohon, siklon tropis dahlia juga menyebabkan tiang listrik menimpa kendaraan dan batu tebing berjatuhan. Dalam peritiwa itu beruntung tidak memakan korban jiwa.

Adapun untuk lokasi yang dilanda pohon tumbang diantaranya adalah di kawasan wisata Cikole, Lembang dan di kawan wisata Jendela Alam Cimahi yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat.

Dampak dari siklon tropis dahlia di wilayah Jawa Barat yang terasa di sekitar Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (30/11/2017) pagi.

Agin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 knot mengakibatkan banyak pohon yang tumbang yang menimpa bangunan maupun kendaraan di sekitar Lembang.

Sedikitnya terdapat 15 titik pohon tumbang atau bangunan rusak karena angin kencang disembilan desa di Kecamatan Lembang. Yakni di Desa Lembang, Cikole, Gudangkahuripan, Pagerwangi, Cibodas, Kayuambon, Cikahuripan, Jayagiri, dan Wangunharja. Belum dilaporkan ada korban dalam berbagai kejadian angin kencang itu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandung Barat Dicky Maulana mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan terkit adanya korban jiwa dalam peritiwa yang terjadi di Lembang itu.

BPBD, kata dia, sudah menetapkan status siaga bencana selama enam bulan, sejak 1 November 2017 sampai 1 Mei 2018. Jadi warga Jawa Barat dan sekitarnya harus selalu waspada.

“Surat keputusan bupati tentang penetapan status siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor itu dasarnya dari BMKG, karena cuaca yang bisa dikatakan cukup ekstrim ini dapat menimbulkan bencana. Dengan penetapan status siaga darurat bencana ini, artinya personel kami disiagakan 24 jam. Peralatan dan perlengkapan, koordinasi engan dinas teknis dan instansi terkait juga ditingkatkan,” kata Dicky

Di Bandung Barat, kata dia, seluruh wilayah berpotensi terjadi bencana, tapi dengan skala yang berbeda-beda. Daerah yang paling rawan bencana, menurut dia, berada di enam kecamatan di wilayah selatan Bandung Barat.

“Namun, untuk kejadian pohon tumbang ini kami baru menerima laporannya ada di wilayah Lembang,” tuturnya.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kelas 1 Bandung Tony Agus Wijaya menyebut bahwa penyebab terjadinya angin kencang disekitar Lembang adalah silkon tropis dahlia.

Dampak silkon tropis dahlia menurut Tony akan menimbulkan potensi hujan sedang hingga lebat di Jabar. Selain itu, silkon tropis dahlia juga mengakibatkan angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 knot, sehingga perlu diwaspadai terhadap bahaya pohon tumbang maupun bangunan atau objek reklame roboh.

Comments
To Top