Daerah

PT KAI Daop 3 Cirebon Prediksi Jumlah Penumpang Meningkat

CIREBON – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon memprediksi pada musim mudik tahun ini jumlah penumpang akan mengalami peningkatan sekitar 2 persen dari tahun sebelumnya.

Dengan adanya peningkatan tersebut, membuat PT KAI Daop 3 Cirebon bersiap untuk menghadapinya dengan mengerahkan seluruh sarana yang ada. Sehingga mampu memenuhi permintaan masyarakat akan moda transportasi saat arus mudik dan balik lebaran.

Menurut Kepala PT KAI DAOP 3 Cirebon Rusi Haryono, pihaknya memprediksi bahwa jumlah penumpang pada lebaran tahun 2017 sejumlah 147.433 penumpang, hal ini tentunya mengalami kenaikan sekitar 2 persen dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 144.125 penumpang.

“Iya, Kita prediksi ada kenaikan diangka 147.433 penumpang. Sedangkan untuk jumlah rata-rata tempat duduk yang tersedia untuk kereta api keberangkatan dari DAOP 3 Cirebon sebanyak 7.039 kursi perhari dari jumlah KA yang melewati Daop 3 Cirebon. Jumlah tersebut terdiri dari 94 KA reguler dan 46 KA tambahan lebaran,” kata Rusi Haryono, Jumat (16/6/2017).

Rusi mengatakan, bahwa 46 KA tambahan terbebut terdiri dari 30 KA tambahan, 4 KA Argojati tambahan, 4 KA Cirebon Ekspres tambahan, serta 8 perjalanan KA premium. Sedangkan armada lokomotif disediakan sebanyak 16 unit dan armada kereta sebanyak 79 unit.

Sedangkan untuk antisipasi keamanan dan ketertiban serta pelayanan kepada pengguna jasa KA di masa angkutan lebaran disiapkan beberapa posko yang meliputi posko pengawasan dan pengendalian operasi, posko data, posko kamtib, posko kesehatan maupun posko pelayanan dan informasi.

“Sedangkan untuk antisipasi daerah rawan tindakan kriminal, pelemparan batu, pencurian dan sebagainya di lakukan patroli yang bekerjasama dengan aparat terkait yaitu Polri dan TNI,” kata Rusi.

Rusi pun telah mempersiapkan alat material untuk siaga berupa prancah, bantalan kayu, beton, karung pasir, batu balast di 12 lokasi pada titik-titik yang dianggap rawan seperti banjir dan longsor. [CR]

Comments
To Top