Daerah

Sambut HUT RI ke-72, Dinas Pertanian Gelar Bazar Produk Khas Subang

SUBANG – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72, Dinas Pertanian Kabupaten Subang mengadakan bazar produk-produk pertanian dan makanan khas Subang di halaman kantor Dinas Pertanian. Jumat (11/8/2017).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, Dandim 0605 Subang Letkol Inf. Fikri Ferdian, Kepala Dinas Pertanian Djaja Roahdamaja, serta para pelaku usaha binaan Dinas Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang Djaja Roahdamaja mengatakan pameran ini digelar berkat kerjasama dinas bersama para mitra. Untuk peserta pameran sendiri berasal dari Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Ketahanan Pangan, dan LIPI.

Adapun tujuan bazar tersebut untuk mengembangkan pelaku-pelaku usaha di bidang pertanian dalam menggali potensi pertanian di Kabupaten Subang. Contoh produk yang dipamerkan salah satunya produk unggulan baru yang sekarang sedang banyak digemari oleh berbagai kalangan yaitu kopi asli asal Subang yang penjualannya sudak ke berbagai daerah di Asia seperti Jepang dan Korea.

“Hasil olahan dan panen pertama kopi kita yang ditanam di daerah Bukanagara sudah bebrapa kali menang kontes, makanya ajang ini merupakan promosi dan motivasi untuk memajukan hasil olahan dari Kabupaten kita,” kata Djaja.

Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih dalam kesempatan itu berharap dengan adanya zona pertanian yang sudah diterapkan di Subang tidak dirubah menjadi zona industri, dengan kekayaan lahan pertanian yang luas harus jadi lahan pertanian yang memiliki hasil komoditi yang potensial.

“Apalagi sekarang sudah punya kopi khas Subang. Ini harus menjadi motivasi untuk produk lainnya sehingga menjadi produk unggulan Subang,” katanya.

Bupati sangat merasa bangga dengan munculnya pruduk pertanian baru yaitu kopi khas Subang menambah ciri khas makanan Subang selain nanas.

“Kita harus gencar melakukan promosi ditambah dengan mempercantik kemasanya agar menjadi daya tarik tersendiri, sehingga home industri kita juga akan meningkat,” ujarnya.

Agar produk-produk khas Subang semakin di minati, Bupati berencana akan selalu menyiapkan cemilan dan oleh-oleh untuk tamu dari luar diberikan makanan khas Subang.

“Apalagi Subang selalu kedatangan orang Korea, dan yang mereka tanyakan pertama kali adalah makana khas kita dan kita akan selalu siapkan makanan atau hasil olahan kita untuk penerimaan tamu baik dari luar Kabupaten maupun luar Indonesia,” pungkasnya.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top