Hukum

Waspada Aksi Kriminal di Bulan Puasa dan Jelang Lebaran

AKBP Yudhi Sulistianto Wahid

SUBANG – Polres Subang menyebut bahwa tingkat kriminal di bulan puasa dan menjelang lebaran selalu mengalami peningkatan. Hal tersebut tentunya membuat masyarakat harus waspada.

Kapolres Subang, AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, mengatakan masyarakat harus mewaspadai aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan pencurian dengan pemberatan (curat) yang marak, khususnya selama Ramadhan dan menjelang lebaran.

“Dari hasil analisa dan evaluasi (Anev) mingguan, tindak pencuriann kendaraan bermotor cukup rawan. Sehingga masyarakat harus selalu waspada,” kata AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, Senin (5/6/2017).

Dari hasil patroli oleh Sat Sabhara dari hasil anev mingguan Polres, terutama daerah Sukamelang dan Cigadung tercatat ada 36 kejadian dalam sebulan. Dari 36 kejadian ini umumnya jam-jam rawan antara pukul 18.00 Wib sampai pukul 00.00 Wib.

“Iya, tingkat kriminalitas ada peningkatan disaat-saat orang mau lebaran. Karena pelaku juga punya ‎keluarga. Punya kebutuhan juga. Makanya upaya-upaya dilakukan dengan cipta kondisi himbauan kepada masyarakat melalui Babinkamtibmas,” katanya.

Adapun aksi curanmor dan curat dengan berbagai modus seperti merusak kunci kendaraan korban dengan menggunakan kunci letter “T” dan aksi pecah kaca pada kendaraan roda empat untuk mencuri isinya. Kedua modus tersebut sering digunakan pelaku dalam mejalankan aksinya.

“Oleh karena itu kepada masyarakat, harus menambah sistem pengaman kendaraan atau memarkirkan di tempat yang mudah dipantau,” pungkasnya.

Comments
To Top