Kesehatan

Lima Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Mudah

mengatasi kulit kering

KESEHATAN – Semua orang pernah mengalami kulit kering, terutama bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki, lengan, dan wajah. Kulit kering sendiri merupakan kondisi lapisan terluar dari kulit kekurangan cairan yang diakibatkan banyak faktor contohnya karena sinar matahari.

Kulit kering disebut juga xerosis atau xeroderma dan dapat menyerang siapa saja. Masalah kulit kering biasanya bersifat sementara hanya pada waktu-waktu tertentu seperti lingkungan, kondisi kesehatan lama di ruangan terbuka, ataupun disebabkan usia.

Gejala umum atau yang sering terjadi biasanya pada permukaan kulit akan terasa kasar jiga diraba. Bukan hanya itu, terkadang kulit tersebut terasa kencang ataupun kemerah-merahan.

Ada beberapa penyebab yang dapat memicu kulit kering seperti iritasi kulit karena pakaian, parfum, ataupun ditergen, terlalu lama menggosok kulit, bertambah usia.  pemakaian sabun yang salah, adanya perubahan cuaca, dan mandi air panas berlebihan.

Cara Mengatasi Kulit Kering

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih dapat menghindari kulit kering terutama pada bagian wajah yang kering dan kusam. Biasakan minum air delapan gelas setiap harinya untuk mengatasi tubuh dari kekurangan cairan.

2. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian kita dapat mencegah kulit kering ataupun kondisi yang merugikan tubuh kita. Salah satu pola hidup sehat yakni dengan memilih makanan sehat yang tinggi akan Vitamin dan nutrisi.

3. Konsumsi Buah-buahan

Buah-buahan sangat baik sekali manfaatnya terutama untuk mengatasi masalah kulit. Adapun buah-buahan yang baik untuk kulit kering antara lain buah jambu biji, jeruk, buah naga, strowberry, kiwi, alpukat, dan masih banyak lagi.

4. Menggunakan Pelembab

Pelembab dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung. Gunakanlah pelembab dengan bahan dasar Gel atau minyak dan krim.

5. Ubah Durasi Mandi

Mandi sangat baik untuk mengatasi kulit kering, namun jika kita mandi terlalu sering akan menyebabkan minyak alami tubuh hilang sehingga kulit menjadi kering. Ubahlah waktu mandi minimal 10 menit untuk membantu atasi kulit kering.

Selain diatas, dalam mengatasi kulit kering juga bisa diatasi dengan menggunakan pakaian dan penutup badan lainnya sepeti jaket, kaos lengan panjang, atapun topi. Hal ini agar bagian tubuh kita terutama kulit agar terhindar dari paparan sinar marahari langsung.

Semoga bermanfaat.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top