Luar Negeri

Polisi Temukan Potongan Tubuh Kim Wall, Wartawan Swedia yang Dibunuh

Potongan tubuh wartawan Swedia Kim Wall akhirnya ditemukan oleh pihak kepolisian Denmark. Adapun potongan tubuh yang ditemukan adalah bagian kepala.

Kematian Kim Wall diketahui setelah ia pergi untuk mewawancarai penemu Peter Madsen, pada 10 Agustus 2017 lalu. Kim dikabarkan hilang beberapa hari. Setelah dilakukan penelusuran, sejumlah potongan tubuh Kim mulai ditemukan.

Potongan tubuh ditutupi 12 hari setelah dia menaiki kapal selam buatan Madsen untuk wawancaranya. Saat ini Peter Madsen telah didakwa telah membunuh Kim.

Penyelidik polisi Jens Møller Jensen mengatakan bahwa penyelam telah menemukan kepala dan kaki Wall, juga pakaian dan pisaunya, dalam kantong plastik dengan “potongan logam berat” untuk membuat mereka tenggelam.

“Kemarin pagi kami menemukan tas di mana kami menemukan pakaian, celana dalam, stoking dan sepatu Kim Wall. Di tas yang sama ada pisau, dan ada beberapa pipa mobil yang bisa menimbang tasnya, ” katanya Jens Møller Jensen seperti dikutip dari theguardian.com, Sabtu (7/10/2017).

Setelah dilakukan pemeriksaan, pihak kepolisian tidak menemukan bekas luka yang diakibatkan benda tumpul di tengkorak kepala Wall. Bekas luka patah tulangpun tidak ada.

“Tanda kekerasan tumpul lainnya pada tengkorak tidak ada,” katanya.

Sedangkan untuk bagian tubuh ditemukan pada hari Jumat (6/10/2017) di dekat tempat tubuh telanjangnya ditemukan pada tanggal 22 Agustus 2017 lalu, di dekat pantai Kopenhagen. Lengan Wall masih hilang. Penyebab kematian belum ditetapkan.

Didepan pengadilan, terduga pelaku yang menghabisi nyawa Wall mempertahankan bahwa Wall meninggal setelah secara tidak sengaja menabrak kepala dengan menetas berat di kapal selam, namun sebuah pengadilan di Kopenhagen mengungkapkan fakta ada 15 luka tusukan di tubuh Wall.

Seperti diketahui, Wall, yang telah menulis surat untuk Guardian dan New York Times, dilaporkan hilang oleh pacarnya pada dini hari 11 Agustus 2017 lalu, ketika dia gagal untuk kembali setelah melakukan wawancara dengan Peter Madsen.

Kapal selam tempat dilakukannya wawancara tenggelam, ketika ditemukan Madsen berhasil diselamatkan sesaat sebelum kapal tersebut tenggelam, dan kemudian ditangkap. Keterangan awal Madsen menyebut bahwa Kim telah diturunkan di Kopenhagen dan mengatakan bahwa telah terjadi kecelakaan mengerikan.

Namun berbeda dengan rekaman yang sudah didengarkan di Pengadilan, dalam rekaman tersebut bahwa ada suara wanita yang dicekik dan dipenggal kepalanya ditemukan di hard drive yang diyakini milik Madsen.

Pengacaranya, Betina Hald Engmark, mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah diberitahu bahwa bagian-bagian tubuh dan pakaian lebih lanjut telah ditemukan, namun menolak untuk berkomentar lebih lanjut. Madsen akan tampil di pengadilan lagi pada 31 Oktober 2017.

Comments
To Top