Nasional

Aksi 229, Menolak PKI dan Perppu Ormas

JAKARTA – Ada sekitar 15 ribu massa yang akan mengikuti aksi 229 yang akan dilaksanakan pada Jumat (29/9/2017) tersebut. Aksi yang dipusatkan di Gedung DPR RI tersebut bertujuan untuk menolak PKI dan Perppu Ormas.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, aksi dalam mengamankan sksi tersebut pihak kepolisian sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak TNI dan pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengamankan aksi tersebut.

Adapun dalam mengamankan aksi tersebut pihak kepolisian bersama pihak terkait lainnya akan menurunkan sebanyak 18 ribu personil. Ribuan personil diturunkan sebagai antisipasi dan memastika aksi 229 berjalan tertib dan aman, serta tidak menganggu kepentingan umum.

Aksi 229 yang akan dipusatkan di Gedung DPR RI tersebut ternyata mendapat respon dari berbagai pihak. Sejumlah massa dari berbagai daerah telah menyatakan bahwa akan mengikuti aksi tersebut. Hal tersebut dikarenakan Perppu Ormas dinilai anti islam dan melindungi PKI.

Namun ditengah antusiasme masyarakat, terutama dikalangan para pesantren dan ulama. Muncul sebuah komentar dari ulama besar Indonesia yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) Maruf Amin yang menghimbau kepada umat jangan ikut dalam aksi tersebut.

“Sebenarnya (demo) itu tidak perlu lagi,” kata Amin.

Amin mengatakan seharusnya masyarakat mempercayakan kepada mekanisme yang telah berjalan terkait dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas itu.

Terkait tuntutan penolakan terhadap keberadaan PKI, Amin menuturkan pengikut paham komunis itu sudah tidak muncul di Indonesia.

Jika ditemukan orang yang terlibat PKI, Amin meminta masyarakat melaporkan hal itu kepada aparat kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

“Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama mengantisipasi agar paham itu tidak hidup kembali,” tutur Amin.

Amin mengimbau elemen masyarakat yang tidak puas dengan Perppu Ormas bisa menempuh proses hukum yang berlaku dengan cara menguji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top