Nasional

Bunga ‘Bangkai’ Rafflesia Arnoldii Muncul di Google Doodle Hari Ini

Indonesia patut berbangga karena memiliki sebuah tanaman langka yang tidak dimiliki negara lain. Tanaman langka itu adalah Rafflesia arnoldii atau sering disebut bunga bangkai.

Kenapa disebut bunga bangkai karena tanaman tersebut memang menghasilkan bunga yang begitu besar dengan aroma khas menyengat. Aroma tidak sedap yang berasal dari bunga Rafflesia arnoldii yang membuatnya diberinama bunga bangkai.

Tanaman Indonesia yang menghasilkan bunga terbesar di dunia ini pada Selasa (9/1/2018) menandai ulang tahun ke 25 pembedaannya sebagai kelangkaan nasional di negara asalnya Indonesia. Google pun ikut merayakannya dengan menampilkan bunga Rafflesia arnoldii di Google Doodle hari ini.

Disebut bunga bangkai atau sebagian orang menyeburnya bunga mayat, dikarenakan bunga Rafflesia arnoldii  mengeluarkan aroma daging busuk, yang memberi umpan pada bangkai lalat yang menyerbukinya.

Kelopak bunga Rafflesia arnoldii berwarna merah dengan kelopak merahnya yang berbintik-bintik putih, hanya muncul dari Tetrastigma,

tanaman mirip pohon anggur yang menguasainya, saat siap untuk bereproduksi – membuatnya menjadi pemandangan yang sangat tidak biasa. Begitu di tempat terbuka, Rafflesia arnoldii tumbuh sekitar 3 kaki (1 meter) dengan diameter dan mekar hanya beberapa hari.

Tapi ada lebih banyak tanaman parasit ini daripada parfumnya yang menyengat. Rafflesia arnoldii dinobatkan sebagai “bunga langka” nasional Indonesia dalam Keputusan Presiden No. 4 tahun 1993. Spesies yang menakjubkan ini terwakili dalam pola batik tradisional Indonesia yang rumit, terutama di provinsi Bengkulu di Sumatera, di mana sering ditemukan.

“Hari ini, kami merayakan tempat istimewa (dan bau) Rafflesia arnoldii dalam sejarah Indonesia!” tulis Google dalam laman resmi mereka.

Comments
To Top