Nasional

Cuti Bersama Tahun 2017 Dimulai Pada 23 Juni

JAKARTA – Menjelang Idul Fitri 1438 H selain Tunjangan Hari Raya (THR), yang ditunggu oleh para pekerja baik swasta maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah cuti bersama. Setelah setahun bekerja tentunya cuti bersama adalah waktu yang paling ditunggu.

Cuti bersama biasanya digunakan untuk mudik dan berlibur di kampung halaman. Hampir setiap tahun semua orang diseluruh Indonesia mendambakan cuti bersama, apalagi jika cuti bersama itu waktunya cukup panjang, ini tentunya menjadi kebahagian bagi mereka yang sudah bekerja keras untuk keluarga.

Presiden Joko Widodo ternyata sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama Tahun 2017. Penerbitan Keppres itu didasarkan pada pertimbangan untuk mewujudkan efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberikan pedoman bagi instansi pemerintah dalam melaksanakan cuti bersama tahun 2017,

Dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet disebutkan Presiden Jokowi menandatangani Keprres itu pada Kamis (15/6/17). Melalui Keppres itu, Presiden Jokowi menetapkan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri tahun 2017, dimulai pada Jumat tanggal 23, 27,28,29, dan berakhir pada Jumat tanggal 30 Juni 2017.

Sedangkan untuk cuti bersama Hari Natal 2017, Presiden menetapkan bahwa cuti dimulai tanggal 26 Desember 2017. Keputuasan tersebut Berdasar Keppres, cuti bersama sebagaimana dimaksud tidak mengurangi hak cuti tahunan pegawai negeri sipil.

Sebelumnya, dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) disebutkan, bahwa cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah jatuh pada 27, 28, 29 dan 30 Juni 2017.

Namun kemudian muncul kabar mengenai penambahan cuti bersama pada 23 Juni 2017 melalui surat yang diterbitkan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kepada Sekretaris Kementerian PAN-RB, yang menyebutkan adanya kesepakatan untuk menambah satu libur bersama, yaitu pada 23 Juni 2017.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan pengesahan penambahan cuti lebaran itu diatur dalam Keppres yang telah ditandatangani Presiden Jokowi.

Comments
To Top