Nasional

KPK Tetapkan Bupati Subang Jadi Tersangka Kasus Suap

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi telah menetapkan Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih menjadi tersangka dalam kasus suap.

KPK menetapkan tersangka terhadap Bupati Imass setelah melakukan pemeriksaan selma 20 jam terhadap bupati yang sebelumnya terjaring Oprasi Tangkap Tangan (OTT) di Rumdin Bupati yang berada di Kelurahan Pasirkarembi, Subang, Selasa (13/2/2018) malam.

Setelah melalui gelar perkara, KPK menyimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji oleh Bupati Imas, terkait perizinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang.

Dalam kasus ini, selain Imas, KPK turut menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Mereka yakni Kepala Bidang Perizinan PTSP Pemkab Subang berinisial ASP dan dua orang swasta berinisial MTH dan D.

“Bupati Subang bersama dengan D dan ASP diduga menerima suap dari MTH,” kata¬†Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan dalam konfrensi pers yang digelar di Kantor KPK, Jakarta, Rabu (14/2/2018) sore.

KPK meningkatkan status penanganan perkara kepenyidikan dan menetapkan empat tersangka. Sebagai pihak yang diduga pemberi MTH swata, sebagai pihak yang diduga menerima Bupati Subang, D, dan ASP yang merupakan Kabid Perozinan DPMPTSP.

Dalam kasus ini, MTH sebagai pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 (a) atau (b) atau Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Kemudian sebagai penerima, Bupati Subang, D dan ASP disangkakan melanggar Pasal 12 (a) atau (b) atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Saat ini ke empat tersangka mendekam di rumah tahanan KPK guna pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut kasus suap tersebut. Dalam OTT di Subang Rabu (14/2/2018) dini hari KPK menyita barang bukti uang tunai senilai Rp 337.000.000 di Subang dan Bandung.

Sepeti diketahui, KPK dikabarkan melakukan OTT terhadap Bupati Subang H. Imas Aryumningsih saat berada di Rumdin, Selasa (13/2/2018) malam. Informasi ini tentunya membuat masyarakat merasa kaget karena untuk kedua kalinya pemimpin Subang terjaring OTT KPK.

Comments
To Top