Nasional

Sampai di Subang, Ade Kenzo Datangi Gedung DPRD

SUBANG – Muhamad Ade Lukman Kumaini atau Ade Kenzo (39) yang melakukan aksi longmarch Surabaya-Jakarta tiba di kabupaten Subang, Rabu (11/10/2017) malam.

Setelah sampai di Subang dan melakukan istirahat di wilayah Pantura, Ade Kenzo bersama puluhan rekan buruh dari FSPMI lainnya pada Kamis (12/10/2017) pagi mendatangi gedung DPRD Subang.

Kedatangan Ade Kenzo bersama rombongan disambut oleh Ketua DPRD Subang Beni Rudiono, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Subang Dwinan Marchiawati, perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) dan pihak BPJS Kesehatan. 

Dari elemen buruh terlihat Ketua FSPMI Subang Suwira bersama buruh Subang lainnya terlihat mendampingi Ade Kenzo.

Rombongan aksi longmarch Surabaya-Jakarta yang dipimpin oleh Ade Kenzo langsung melakuan audiensi. Dalam kesempatan tersebut Ade Kenzo menyampaikan semua permasalah layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dinilai masih buruk.

Ade Kenzo dalam aksi ini mengusung tema “Sehat Hak Rakyat” untuk mendesak agar JKN diperbaiki.

“Saya sepakat dengan JKN karena didalamnya ada nilai kegotong-royongan. Tetapi saya melihat model ekonomi sekarang ini pertimbangan itu semakin lebar, yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin,” kata Ade Kenzo.

Ade Kenzo menjelaskan tidak adanya pemerataan antara pelayanan yang dilakukan terhadap pasien mampu dan pasien miskin. “Jangan bicara kelas satu atau kelas tiga yang pembayaran dibayarkan oleh pemerintah lewat APBD. Ini soal pemertaan,” katanya.

Jangan sampai ketika peserta BPJS yang miskin itu tambah susah ketika mereka sakit. Karena saat ini disetiap rumah sakit untuk kelas tiga itu selalu penuh, pelayanan buruk dan lain sebagainya.

“Ini sudah miskin, ketika sakit tambah susah. Pemerintah seharusnya kasih reward buat mereka. Jangan sampai sudah miskin dipersukit, sehingga timbul moral yang dahsyat rumah sakit melakukan kesalahan-kesalahan obat. Inikan menjadi masalah besar,” katanya.

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Subang Beni Rudiono mengapresiasi langkah Ade Kenzo yang memperjuangkan program JKN untuk warga miskin. “Kita apresiasi dan sebagai DPRD tentunya akan memfasilitasi mereka untuk melakukan audiensi,” katanya.

Seperti diketahui, rekan-rekan buruh yang dikomandoi oleh Ade Kenzo, mereka berjalan kaki dari Tugu Pahlawan Surabaya menuju Istana Negara, Jakarta, sejak 19 September 2017 lalu.

Para buruh berharap setiba di Jakarta, mereka bisa bertemu dengan Presiden Jokowi untuk menyampaikan rekomendasi terkait dengan buruknya pelayanan BPJS.

Comments
To Top