Nasional

UU Pemilu Tinggal Tunggu Diteken Presiden Jokowi

JAKARTA – Undang-undang (UU) Pemilu saat ini telah dirampungkan oleh panitia khusus (pansus) RUU Pemilu. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan sudah siap ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Walapun revisi terhadap UU Pemilu juga sudah diselesaikan oleh Pansus RUU Pemilu. Namun demikian, Tjahjo belum bisa memastikan kapan penomoran UU Pemilu dapat dilakukan.

“Semoga. Sebab itu bukan ranah kami. (Penomoran) itu ranah Sekretariat Negara. Namun, secara prinsip, sudah dirapikan sebagaimana masukan di Sekretariat Negara,” kata Tjahjo seperti dikutip dari rmol, Sabtu (12/8/2017).

Tjahjo mengatakan jika semua menteri terkait juga sudah menandatangani UU Pemilu. Tim dari DPR pun sudah melakukan hal serupa yang artinya sudah siap ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

“Mudah-mudahan pekan depan sudah diteken Presiden. Tapi (revisi) itu tidak mempengaruhin, hanya beberapa redaksi saja,” kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo, pengembalian UU Pemilu kepada DPR yang sebelumnya dilakukan bertujuan untuk menghindari multitafsir atas UU Pemilu.

Sebelumnya, Kemendagri mengajukan mengajukan izin revisi lampiran dalam UU Pemilu. Selain soal lampiran, Kemendagri juga melakukan pengajuan klarifikasi pasal oleh Sekretariat Negara (Setneg).

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top