Olahraga

Hebat! 6 Atlet Taekwondo Jabar Ikuti Sea Games

SUBANG – Pada perhelatan Sea Games bulan Agustus 2017 mendatang yang diselenggarakan di Malaysia, Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia Jawa Barat didaulat mengirimkan 6 atlet terbaiknya untuk mewakili Indonesia berlaga di even bergengsi tersebut. Semua atlet saat ini sudah mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) di Jakarta sejak tahun 2016 yang lalu, pasca memperkuat PON Jabar.

Hal tersebut diungkapkan Wakil ketua II Binpres Pemprov Taekwondo Indonesia Jabar, Syamsul Bachri disela-sela acara Subang Taekwondo 2 Se Jabar di Gor Gotong royong Subang, Minggu (2/4/2017).

Menurut Syamsul, kali ini Pengprov Taekwondo Indonesia Jabar lebih fokus pada agenda terdekat yakni Babak Kualifikasi dan Porda Bogor tahun 2018. Karena, mengenai Sea Games itu sudah kewenangan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia.

“Kami juga sangat berbangga, ada 6 atlet Jawa Barat yang memperkuat tim Taekwondo Indonesia untuk membela Indonesia di ajang Sea Games nanti, mereka kategori Kyorugi (Tarung), Dhean Titania Fazrin, Dinggo Ardian, Adam Yazid. Kemudian Poomsae (Jurus) , Maulana Khaidir, Devia Rosmaniar, dan Alvi Kusuma,” paparnya.

Tak hanya atlet kata dia, pada ajang Sea Games nanti ada juga satu pelatih taekwondo asal Jabar yang ikut melatih di kategori (Kyorugi) di Pelatihan Nasional (Pelatnas) yaitu, Taufik Krisna .

Berkaitan dengan pelaksanaan Taekwondo Subang Open ke-2 Se Jawabarat yang diikuti 518 atlet dari 14 Kabupaten/Kota antar club Taekwondo Se Jawa Barat ini, merupakan kegiatan mencari bibit-bibit atlet potensial dari semua kelas yang dipertandingkan, meliputi Pra Cadet, Cadet, Junior, dan Senior .

Untuk even selanjutnya, lanjut dia, dipastikan ada kejuaraan Taekwondo piala Gubrenur Jabar yang akan di selanggarakan bulan Mei 2017 mendatang.

“Pada intinya even yang digelar di Subang ini sangatlah luar biasa. Selain menjadi ajang silaturahmi bagi pengcab taekwondo sejawa barat, juga untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri setiap atlet untuk berlaga di Porda Nantinya,” katanya.

Ia juga meminta kepada Pemda Subang, agar bisa memperhatikan Pemeliharaan gedung Gor Gotong Royong Subang yang dijadikan laga kejuaraan taekwondo setiap tahunnya. Karena terkesan tidak terawat, banyak fasilitasnya yang nampak kumuh.

“Kalau bisa sih Gor gotong royong ini bisa diperhatikan lebih serius lagi pada tahap pemeliharaannya. Karena gor ini sangatlah bagus sebagai ajang kejuaraan. Dan bisa digunakan sarana latihan olahraga lainnya, ” tegasnya.

Sementara menurut Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten/Kota Subang Ir Besta Besuki mengatakan, berterimakakasih kepada Pengprov Taekwondo Indonesia Jabar yang telah mempercayakan even tingkat Sejawa barat ini kepada Pengcab Taekwondo Subang untuk kedua kalinya.

“Even taekwondo tingkat Jabar yang kedua kalinya ini, selain sebagai media silaturahmi antar pengcab taekwondo Se Jabar, juga dalam menyiapkan kepercayaan atlet menjelang Porda Bogor 2018 mendatang,” katanya.

Bersamaan dengan momentum Hut ke-69 Kabupaten Subang, Besta berharap ,Taekwondo bisa semakin memasyarakat . Dan bisa masuk pada ekstrakulikuler di setiap tingkatan pendidikan, baik SD, SMP, hingga SMA. Hal itu dalam rangka mengurangi tingkat kenakalan pada pelajar yang belakangan ini selalu terjadi tawuran antar sekolah.

“Karena pada dasarnya, sesuai fakta anak-anak yang mengikuti ekstakulikuler seperti ini tidak ikut dalam tawuran,” tandasnya.

Sebelumnya, pada acara pembukaan pertunjukan N Lion salah satu tim demontrasi asal Kabupaten bogor turut menghibur para tamu Undangan yang hadir termasuk Plt Bupati Subang H Imas Aryumningsih , Pengprov Taekwondo Jabar , Ketua Koni Kabupaten Subang, dan para pejabat Muspida Kabupaten Subang.

Hasil pertandingan, Subang Taekwondo Se Jawa Barat ke-2 ini, Keluar sebagai juara umum 1 Kota Bandung dengan perolehan medali 13 Emas, 1 Perak , dan 2 Perunggu , juara umum ke 2 Kota Cirebon dengan medali 5 Emas, 5 Merak, dan 3 Perunggu, dan Juara umum 3 Sipjin Bogor dengan perolehan 5 Emas, 1 Perak, dan 4 Perunggu.

Adapun atlet terbaik, pada kelas Super Cadet B (Putra) Yovanius dari MTC Bandung dan (Puteri) Kiara dari DTC Cibinong. Super Cadet C (Putra) Cati Bilang dari Sipjin Bogor, (Puteri) Emalia dari Star Fighter Academy, kelas cadet (Putra) Arli dari Kota Cirebon, (Putri) Maya Ayu dari TDT Kabupaten Bogor, Kelas Junior (Putra) Fadillah Hani dari Indramayu, (Putri) Nur Sulistya dari Kota Bandung, Kelas Senior (Jonatan) dari Kota Bandung, dan (Putri) Aisya dari Kota Bandung.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top