Olahraga

Ratusan Pelajar Unjuk Gigi di Lomba Pencak Silat IPSI Cup-1

SUBANG – Pengurus Cabang Olahraga Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Subang menggelar lomba pencak silat tingkat pelajar IPSI Cup ke-1 yang digelar di Gor SMAN 2 Subang, Jl. Dangdeur Km 5, Subang.

Pembukaan lomba pencak silat ini diawali dengan pertunjukkan seni beladiri pencak silat dari paguron Ciung Wanara. Hadir pada acara pembukaan tersebut Kadisdikbud Subang H Suwarna, Ketua IPSI Kabupaten Subang Elis Langi, Ketua Koni Subang Yoyo Kustrio, para Paguron Silat, dan tamu undangan lainnya.

Event perdana yang digelar oleh IPSI Kabupaten Subang yang dibuka pada Jumat (1/12./2017) ini akan berlangsung hingga 3 Desember 2017 mendatang. Ada sebanyak 500 perserta mulai dari tingkat SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA mengikuti perlombaan tersebut.

Ketua IPSI Kabupaten Subang Elis Langi mengungkapkan event IPSI Cup-1 ini diharapkan bisa menjadi media untuk mencari bibit-bibit atlet silat terbaik di kalangan pelajar. Nantinya bibit pencak silat potensial ini akan dibina secara berkelanjutan untuk diikutsertakan pada berbagai event baik tingkat lokal, nasional, bahkan internasional.

“Melalui event ini juga diharapkan dapat mempopulerkan kembali Pencak Silat sebagai budaya asli Indonesia yang harus di lestarikan. Diharapkan, event ini akan memunculkan para atlit-atlit pencak silat masa depan, yang berjiwa nasionalisme dan cinta budaya,” kata Elis Langi.

Sementarta itu dalam sambutannya Kadisdikbud Subang H Suwarna, mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya event olahraga tersebut. Menurutnya, pengenalan seni bela diri pencak silat kepada para pelajar merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter anak didik.

“Saya apresiasi sekali kepada IPSI. Semoga event ini bisa dilaksanakan berkelanjutan,” katanya.

Comments
To Top