Opini

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Rela Ummu Thoyibah/Pagelaran 1

Oleh : Rela Umuttoyibat*

Pendidikan dapat mempengaruhi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara harus mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Dari pendidikanlah mereka dapat mengetahui dan memahamai apa yang tidak mereka ketahui termasuk tentang sejarah budaya, sosial kemasyarakatan, tentang cara berprilaku yang baik , cara mengembangkan keterampilan yang dimiliki dan yang lainnya.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Pada usia 0 sampai 6 tahun otak anak sebenarnya sedang aktif dan mudah menyerap serta menerima informasi hingga mencapai 80 persen, yang artinya fisik, mental dan spiritualnya akan terbentuk dengan perlahan-lahan seiring bertambahnya kecerdasan dan munculnya bakat dan minatnya.

Pentingnya pendidikan anak usia dini tak lain untuk membentuk dan mengarahkan seseorang pada pribadi yang kuat (tidak mudah putus asa), lebih kreatif dan tidak menjadi penyebab anak sekolah menjadi malas belajar, meningkatkan rasa percaya diri dan memupuk kemandirian didalam kecerdasan yang mereka miliki yang nantinya dapat digunakan untuk melanjutkan pada jenjang pendidukan dasar selanjutnya. Ada dua tujuan mengapa perlu diselenggarakan pendidikan anak usia dini, yaitu:

1. Membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.

2. Membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah. Singkatnya, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini***

*Penulis Adalah Kepala TK Pagelaran I Cimeuhmal

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top