Opini

#SubangBaru: Dari Gagasan, Wacana, Hingga Jargon Politik Biasa

Alhamdulillah, seiring perjalanan waktu, gagasan tentang #SubangBaru, yang diharapkan dapat menjadi antitesis Subang lama, terus bergulir. Entah memiliki kaitan secara langsung maupun tidak terkait sama sekali dengan foto-foto di bawah ini, setidaknya kesadaran akan perlunya reformasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten Subang yang lebih baik itu telah menjadi wacana yang diusung “bersama” oleh beberapa politisi yang akan berkompetisi di Pilkada Subang 2018. Tentu saja tafsir tentang #subangbaru ini bisa sangat jauh berbeda antara satu calon/partai dengan kelompok lainnya. Namun bisa juga sangat mirip atau bahkan mendekati identik.

Jika dirunut dari awal, salah satu versi otentik tentang lahirnya gagasan #SubangBaru ini adalah gerakan yang diintroduksi oleh Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP) Subang sejak akhir tahun 2015. Digawangi oleh teman-teman aktivis buruh, jurnalis, akademisi, praktisi pendidikan, aktivis sosial media, hingga mahasiswa dan beberapa organisasi massa ini telah berupaya memotret “suasana kebatinan” dan harapan warga Subang kala itu, baik mereka yang tinggal di Utara, Selatan, Timur, Barat, hingga yang ada di Tengah. Suara-suara dari berbagai penjuru yang direkam melalui diskusi, survey, rembug, dan aktivitas tatap muka lainnya itu sempat dibukukan dan dilaunching pada pertengahan tahun 2016. (seluruh aktivitas TRPIP dan gerakan #SubangBaru dapat dibaca di subangbaru.com.

Secara umum, Rakyat Subang ingin melihat #SubangBaru dengan pemimpin baru yang tidak mengikuti jejak bupati-bupati sebelumnya yang berturut-turut terlibat kasus korupsi, individual maupun sistemik. Warga Subang ingin #SubangBaru yang merata pembangunannya dari pelosok desa hingga kota-kota. Dan yang jelas, warga subang menginginkan #SubangBaru dalam arti sebenarnya, bukan hanya wacana atau jargon-jargon politik biasa yang kadang berbusa-busa.

Tentu saja perubahan menuju #SubangBaru ini mustahil disandarkan hanya pada pundak politisi/kepala daerah. Justru pada pundak, keringat dan ‘jempol’ kita (warga subang)-lah perubahan itu mungkin dilakukan. Kualitas pemimpin adalah cerminan kualitas warganya! #SubangBaru adalah kita! bukan hanya milik ‘mereka’. Partisipasi warga mengawal proses politik secara cerdas dan waras adalah awal kebangkitan bersama!

Selamat menyambut tahun politik di Kabupaten subang. Semoga berjalan damai dan penuh humor, tapi mampu melahirkan pemimpin-pemimpin hebat untuk #SubangBaru.

Yanu Endar Prasetyo
Penulis adalah Pegiat Subang Baru, saat ini penulis sedang menempuh S3-nya di University of Missouri, Amerika Serikat.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top