Pendidikan

Peringati HPN 2018, Wartawan Subang Ajari Santri Menulis

SUBANG – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018 sejumlah wartawan Subang menggelar pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren Raudhatul Uluum yang berada di Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang, Subang Jumat (8/2/2018).

Kegiatan pelatihan jurnalistik dihadiri oleh puluhan santri, dengan narasumber wartwan senior Dally Kardilan, dan pendiri jaringan media Indowarta Group Ridwan Hartiwan. Selain itu hadir juga beberapa wartawan cetak dan online yang bertugas di wilayah Subang.

“Santri disini harus paham dulu, bahwa wartawan itu kerjannya seperti apa? Kita jelaskan bahwa wartawan itu menulis. Nah, ternyata banyak diantara mereka yang antusias, dan tertarik,” kata Dally Kardilan yang merupakan wartawan Harian Umum Galamedia (Pikiran Rakyat Grup) itu.

Kedepan menurut Dally, harus lebih ditingkatkan lagi ketertarikan mereka dalam menulis. Tentunya dengan secara rutin mengajar mereka salah satunya melalui pelatihan seperti ini. “Santri juga harus bisa menulis,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Dally juga memberikan materi jurnalistik dasar, sambil menceritakan pengalaman dirinya sebagai wartawan. Selain itu dia juga memberikan motivasi agar para pelajar mau menulis.

“Menjadi jurnalis itu mudah pada dasarnya para siswa mau dulu untuk menulis apa saja di lingkungannya, dengan menulis, kemampuan mencerna sesuatu akan lebih baik,” tandasnya.

Pendiri jaringan media Indowarta Group Ridwan Hartiwan menambahkan HPN 2018 ini mudah-mudahan menjadi pemersatu wartawan di Subang untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang posotif,

“Mari memabangun Subang dengan pemberitaan yang positif, berimbang, dan kita berharap kedepan lebih diintensipkan lagi kegiatan semacam ini. Sehingga masyarakat jadi paham betul, tugas dan fungsi wartawan itu seperti apa,” katanya.

Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatul Uluum Atep Abdul Gopar sangat menyambut positif kegiatan pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan oleh wartawan Subang ini.

“Saya ucapkan terimakasih telah berkenan hadir di Ponpes kami, semoga kedepan ada lagi kegiatan semacam ini, sehingga para santri jadi paham tentang tata cara menulis, dan mengenal tugas dan fungsi wartwan itu seperti apa,” katanya.

Comments
To Top