Pendidikan

Santri Darul Falah Subang Antusias Ikuti Diskusi Budaya

SUBANG – Puluhan santri antusias mengikuti diskusi budaya Sunda yang digelar oleh Komunitas Sejarah dan Budaya Kabupaten Subang di Pondok Pesantren Darul Falah yang berada di Desa Cimanggu Kecamatan Cisalah, Subang, Kamis (14/9/2017).

Hadir sebagai narasumber dalam diskusi tersebut Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, Tokoh Seniman Sunda Abah Renggo, Ketua Komunitas Sejarah dan Budaya Kabupaten Subang Mohammad Ridwan, dan dihadiri oleh puluhan santri Darul Falah, serta masyarakat sekitar.

Ketua Komunitas Sejarah dan Budaya Kabupaten Subang Mohammad Ridwan mengatakan, diskusi ini merupakan dalam rangka membuka komunikasi budaya. Selama ini untuk di Kabupaten Subang sendiri banyak hal tentang budaya yang belum digali.

“Dalam kapasitas saya sebagai ketua Komunitas Sejarah dan Budaya di Subang. kalau dikatakan bisa tidak juga, tapi saya punya keinginan untuk lebih mengetahui budaya Sunda,” kata Mohammad Ridwan.

Oleh karena itu, dirinya mengajak kepada semua masyarakat Subang untuk bersama-sama menggali dan mengeksplorasi budaya Sunda,

“Iya, mari kita bersama-sama menggali budaya Sunda, karena Insya kita akan menemukan kedamaian. Sejauh ini budaya Sunda sendiri jarang digali di Subang. sehingga banyak orang Sunda yang tidak menerapkan budaya Sunda dalam kehidupan sehari-hari, itu karena keterbatasan informasi.” katanya.

Dengan diskusi mengundang tokoh budaya tersebut diharapkan kedepan sejarah dan budaya Sunda bisa digali dan disampaikan kepada masyarakat.

Foto bersama Komunitas Sejarah dan Budaya Kabupaten Subang bersama para narasumber dalam diskusi budaya yang dilaksanakan di Ponpes Darul Falah

“Mari kita gali soal sejarah dan budaya, karena setelah menggali kita akan lebih bijak dan tentunya akan mencintai budaya leluhur kita. Dalam kesempatan ini saya mengajak kepada sema orang yang hadir disini untuk menggali sejarah kita beri tahu masyarakat, bahwa sejarah Sunda itu begini,” katanya.

Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi sangat mengapresiasi keinginan Komunitas Sejarah dan Budaya Kabupaten Subang untuk mengali sejarah dan budaya Sunda.

“Jarang ada kegiatan semacam ini, ini merupakan kegiatan yang harus didukung. Budaya Sunda harus digali, agar kita paham dengan budaya kita,” katanya.

Dalam diskusi budaya yang memiliki tema  “Ngaguar Tutungkusan Karuhun Nyungsi Jati Diri Sunda Kiwari Pikeun Nanjeurkeun NKRI”  Evi Silviadi menjelaskan sejarah dan budaya Sunda dihadapan para santri dan masyarakat yang hadir. Mereka sangat antusias mendengarkan sedikit pemaparan tentang budaya Sunda.

Hal tersebut terlihat dari beberapa santri yang ingin bertanya lebih dalam terkait budaya Sunda. Beberapa petanyaan terlontar, dan langsung dijawab oleh dua narasumber yakni Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi dan Tokoh Seniman Sunda Abah Renggo,

Adapun tindak lanjut dari diskusi ini, kedepan Komunitas Sejarah dan Budaya Kabupaten Subang akan melakukan ekpedisi budaya untuk menggali dan mengeksplor budaya dan Sunda di Kabupaten Subang.

Comments
To Top