Politik

H. Hermansyah Bantu Warga Subang Kota yang Tak Miliki Fasilitas MCK

SUBANG – Berada di pusat Kota Subang ternyata tidak membuat keluarga Cicih Sukarsih (61) mudah dalam mendapatkan fasilitas yang memadai untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kakus (MCK).

Cicih hanya pasrah, untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air selama ini harus mengangkut air dari tetangga yang jaraknya lumayan jauh. Beruntung Cicih masih memiliki anak yang setiap hari membantunya untuk sekedar mandi dan buang air.

“Kalau kemana-mana saya harus dibopong. Saya sudah sulit jalan,” kata Cicih, Rabu (12/10/2017).

Kondisi rumah Cicih yang berada di gang Angrek RT 050/13 kelurahan Karanganyar kecamatan Subang terlihat sudah lapuk, kondisi rumah yang berhimpitan membuat pentilasi udara tersendat. Akibatnya membuat rumah Cicih sedikit membuat gerah.

“Iya, begini adanya. Kalau ibu mau mandi saya agkut air dulu dari tetangga. Kalau buang air selama ini memakai popok, karena ibu tidak bisa jalan. Saya kalau bopong jauh tidak bisa,” kata anak pertama Cicih, Lina.

Lina menceritakan, ibunya sudah tidak bisa berjalan sejak terjatuh dua tahun lalu. Sempat dirawat, namun tidak dilanjutkan karena ada masalah dengan biaya.

“Dulu ibu jatuh, lalu kena stroke, dan sampai sekarang tidak bisa jalan. Saya sudah minta bantuan sana-sini, tapi biaya pengobatan mahal. Memakai Jamkesmaspun tetap obatnya harus dibayar dan mahal. Kita tidak mampu,” katanya.

Bakal calon bupati Subang H. Hermansyah

Permasalahan yang krusial yang harus segera diselesaikan untuk membantu keluarga Cicih adalah membuat fasilitas MCK yang memadai. “Kalau ada kamar mandi mungkin ibu saya tidak keseringan memakai popok, bisa langsung buang air di kamar mandi,” kata ibu satu anak itu.

Kabar kondisi keluarga Cicih yang tidak mempunyai pasilitas MCK yang memadai itu, sampai kepada salah seorang tokoh masyarakat kabupaten Subang H. Hermansyah. Tidak menunggu lama, dirinya langsung mendatangi rumah Cicih.

“Saya dapat informasi dari media sosial, hari ini langsung saya cek lokasinya, dan ternyata memang kondisi nenek Cicih sangat memperihatinkan. Sudah lama sakit, dan rumah yang ditempatinya tidak memiliki kamar mandi,” kata H. Hermansyah.

Setelah melihat secara langsung, H. Hermansyah langsung mempercayakan semuanya kepada ketua RT dan tokoh masyarakat setempat untuk segera dibangun kamar mandi atau tempat MCK yang memadai.

“Hari ini saya percayakan semuanya kepada pak RT dan warga sekitar, untuk segera membuatkan kamar madi di rumah bu Cicih. Semua biayanya saya yang tanggung,” katanya.

Dalam kesempatan itu, secara langsung H. Hermansyah langsung memberkan biaya untuk membangun kamar mandi kepada ketua RT setempat dan memberikan sedikit bantuan yang diserahkan langsung kepada Cicih sebagai biaya kebutuhan sehari-hari.

“Saya pesan kepada warga sekitar mohon bantuan dan dukungannya, semoga besok bisa mulai segera dilaksanakan, agar kamar mandi cepat selesai dan keluarga ibu Cicih tidak kesulitan lagi,” katanya.

Seperti diketahui H. Hermansayah merupakan bakal calon bupati Subang yang diusung oleh PKB. H. hermansyah telah mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di kantor DPP PKB, Jakarta pada Rabu (4/10/2017) lalu.

Comments
To Top