Politik

Pendaftaran Resmi Ditutup, Pilkada Subang Diikuti Tiga Pasangan

SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang resmi menutup pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Subang, Kamis (11/1/2018) pukul 24.00 WIB.

Penutupan dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Subang Maman Suparman yang didampingi jajaran Komisioner, Sekretaris KPU Kabupaten Subang Furwani dan anggota Panwaslu Kabupaten Subang Ujang Sopyan.

Menurut Maman pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Subang yang akan mengikuti Pilkada Serentak 2018 mulai dibuka pada tanggal 8 Januari 2018, dan pada hari ini resmi ditutup.

“Pendaftaran kali ini adalah pendaftaran Bapaslon yang diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik dengan dukungan minimal 10 kursi di DPRD Subang,” kata Maman.

Sejak dibuka pendaftaran hingga penutupan, Maman melaporkan pihak KPU Kabupaten Subang menerima tiga Bapaslon, yaitu Dedi Junaedi – Budi Setiadi yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dengan jumlah 10 kursi.

Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Subang tahun 2018

Selanjutnya pasangan Imas Aryumningsih – Sutarno yang diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dengan jumlah 12 kursi dan pasangan Ruhimat – Agus Masykur yang didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan jumlah 25 kursi.

Selama pendaftaran berlangsung, yang diperkenankan masuk ke ruang pendaftaran hanya tim dan awak media yang diberi identitas khusus. Sebelum masuk para bapaslon disambut dengan kesenian Gotong Sisingaan bernama Si Umil akronim dari “Siap untuk Memilih”. Kemudian disambut oleh kesenian lengser.

“Si Umil” adalah maskot KPU Kab Subang untuk Pilkada Serentak tahun 2018 yang menggambarkan Rakyat Subang yang memiliki hak pilih siap berpartisipasi aktif dalam pemilihan tanggal 27 Juli 2018.

Selanjutnya usai menyerahkan dan pemeriksaan berkas, KPU bersama Bapaslon diberikan kesempatan untuk memberikan keterangan dalam konferensi pers yang digelar di loby kantor.

Untuk mengamankan masa pendaftaran Bapaslon, kantor KPU Kabupaten Subang mendapat penjagaan dari Polres Subang, TNI dan Satpol PP Kab Subang masing-masing satu pleton. “Alhamdulillah, selama kegiatan berlangsung tertib, aman, kondusif dan meriah,” kata Kabag Ops Polres Subang Kompol Kusno Diantara.

Comments
To Top