Sains

Jangan Lewatkan, Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat Besok

JAKARTA – Gerhana bulan sebagian atau gerhana bulan parsial bisa disaksikan besok pada hari Senin (7/8/2017). Fenomena alam langka ini tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Gerhana bulan sebagian merupakan peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa ini sangat jarang sekali terjadi, sehingga banyak masyarakat yang enggan untuk melewatkannya.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana bulan sebagian tersebut akan terjadi bila dua peristiwa astronomi terjadi secara bersamaan. Pertama, bulan dalam keadaan purnama dan yang kedua saat bumi bergerak antara bulan dan matahari.

Namun tidak setiap bulan purnama akan terjadi gerhana bulan parsial. Karena bulan selalu bergerak mengelilingi bumi dengan kemiringan orbit sekitar lima derajat terhadap orbit bumi dan matahari, atau yang biasa disebut ekliptika.

Hal tersebut menyebabkan bulan tidak selalu sejajar dengan bumi dan matahari. Bagi masyarakat yang ingin melihat fenomena alam langka di langit Indonesia ini sebaiknya mempersiakan diri dari sekarang.

Comments
To Top