Sains

Siap-siap untuk Melihat Supermoon Malam Ini

Fenomena alam menarik yakni supermoon akan terjadi pada Minggu (3/12/2017) malam. Peristiwa alam langka ini tentunya jangan sampai terlewatkan.

Pada malam hari, supermoon akan terlihat sangat jelas. Penampakan supermoon disebut-sebut sebagai fenomena alam langka, apalagi supermoon kali ini disebut penampakan bulan paling penuh dan paling jelas.

Supermoon merupakan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Istilah ini tidak diterima secara luas, terutama di kalangan ilmuwan.

Dikutip dari Wikipedia, secara spesifik, supermoon bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10 persen atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi.

Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Istilah supermoon atau bulan super pertama kali dikemukakan oleh astrolog Richard Nolle pada tahun 1979.

Supermoon kadang dihubung-hubungkan dengan bencana alam, seperti gempa bumi,gunung meletus, dan lain-lain. Itu karena waktu terjadinya supermoon hampir selalu berdekatan dengan terjadinya suatu bencana alam tertentu.

Namun, supermoon tidak cukup kuat untuk memengaruhi permukaan tanah ataupun gunung berapi di Bumi, pengaruh dari fenomena supermoon ini di bumi hanyalah naiknya permukaan laut sekitar beberapa inci di beberapa daerah.

Pengaruh fenomena bulan super terhadap peningkatan aktivitas seismik justru terjadi di permukaan bulan sendiri, meskipun efeknya tidak terlalu besar. Ketika berada dalam keadaan bulan super, bulan mengalami gempa. Hal ini terdeteksi oleh instrumen seismologi yang ditinggalkan oleh paraastronot Apollo 11 di bulan.

Terlepas dari banyaknya dugaan dan kemungkinan yang akan terjadi mengiringi fenomena supermoon, malam ini masyarkat diseluruh dunia bisa menyaksikan fenomena supermoon.

Persiapkan diri Anda untuk melihat fenomena supermoon malam ini. Supermoon bisa disaksikan dengan mata telanjang, karena jarak bukan sangat dekat dengan bumi.  

Comments
To Top