Sains

Tak Terhalang Awan, Penampakan Supermoon Terlihat Jelas Sekali

SUBANG – Langit pada Minggu (3/12/2017) malam lumayan cerah, sehingga penampakan fenomena alam supermoon terlihat jelas sekali. Seluruh masyarakat bisa menyaksikan supermoon atau bulan besar pada malam ini dengan mata telanjang.

Sejumlah orang sempat mengababadikan penampakan supermoon lalu mengunggahnya di akun media sosial mereka. Sangat terlihat jelas sekali, supermoon bisa disaksikan semua orang. Bulan nampak besar dengan sinar yang sangat terang.

Dari pantauan Mediajabar.com, supermoon terlihat jelad di wilyah Subang. Sesekali memang ada gumpalan awan menghalangi bulan yang terlihat besar itu. Namun beberapa saat kemudian awan hilang. dan penampakan bulan besar itu terlihat jelas.

“Langit kebetulan sedang cerah, jadi supermoon bisa terlihat dengan jelas. Bulannya terlihat besar sekali,” kata salah seorang warga Subang Yayat.

Fenomena alam langka ini tak luput dari bidikan kamera miliknya. Supermoon malam ini banyak diabadikan oleh masyarakat. Mengingat informasi terkait fenomena alam ini sudah tersebar sejak jauh-jauh hari di media sosial.

“Saya foto-foto saja, yang lain juga sama. Lalu diunggak ke media sosial, ke Facebook dan Instagram,” tambahnya.

Supermoon merupakan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee).  Supermoon bisa disebut sebagai bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10 persen atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi.

Supermoon kadang dihubung-hubungkan dengan bencana alam, seperti gempa bumi,gunung meletus, dan lain-lain. Itu karena waktu terjadinya supermoon hampir selalu berdekatan dengan terjadinya suatu bencana alam tertentu.

Comments
To Top