Teknologi

Ballet Folklorico de Mexico Karya Amalia Hernandez Muncul di Google Doodle Hari Ini

Google kembali memunculkan sebuah gambar menarik di halaman utamanya. Sebuah gambar Ballet Folklorico de Mexico yang merupakan tarian balet hasil ciptaan Amalia Hernandez.

Jika bukan karena wanita bernama Amalia Hernandez mungkin saat ini kita tidak mengenal tarian itu. Untuk merayakan kelahiran tarian tersebut, Selasa, 19 September 2017 Google melalui program Google Doodle hari ini menampilkan gambar Ballet Folklorico de Mexico.

Dalam gambar tersebut, Google merayakan kelahiran dan warisan Amalia Hernandez dengan anggukan warna-warni untuk gairahnya menari. Hernandez, yang berusia 100 tahun, dikenang sebagai duta budaya Meksiko.

Hernandez merupakan sosok wanita yang berpengaruh di Meksiko, dia adalah wanita yang membantu budaya negaranya bersinergi dengan budaya dunia lewat tarian. Hernandez, seorang penari dan koreografer, lahir pada tahun 1917. Sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk menari.

Sperti dikutip dari Tribun Timur, karyanya paling dikenal karena telah mengembangkan Ballet Folklorico de Mexico. Folklorico de Mexico ini membawa tarian dan musik Meksiko mendunia.

Balet itu masih jadi pembicaraan hingga hari ini. Tercatat sudah lebih dari 22 juta orang mementaskan karya ini sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, 1952 silam.

Saat performa pertama kalinya, hanya ada delapan pemain saat balet ini dipentaskan untuk pertama kalinya. Seiring dengan sentuhan koreografer modern, tarian ini terus berkembang.

Awalnya hanya mentas dari teater ke teater hingga 1954. Namun kemudian menjadi pembicaraan setelah industri TV meliriknya. Bahkan tarian ini kemudian mengisi acara mingguan TV-TV di Meksiko.

Keberhasilan tersebut membawa Hernandez dan tim penari untuk mengatur perjalanan yang lebih ambisius. Termasuk tur ke Amerika Utara. Hernandez dkk bahkan menjadi tamu kehormatan mewakili Meksiko di Pan American Games pada tahun 1959.

Hernandez meninggal pada tahun 2002, saat bekerja dengan anak perempuan dan cucunya. Selain balet, ia juga pendiri Folkloric Ballet School di Mexico City.

Hernandez berhati-hati sepanjang karirnya untuk memusatkan perhatiannya pada budaya dan gaya tarian Mesoamerika, dan berusaha dalam hidupnya untuk mengkaji budaya asli tersebut.

Meski begitu, dia bekerja keras untuk menggambarkan beragam budaya yang membentuk kawasan asli Meksiko. Interpretasi dan upayanya merangkum budaya Meksiko yang beragam ke dalam tariannya membuat tari ini dipentaskan dengan atribut penuh warna.

Comments

Redaksi: Jl. R.A. Kartini No 8A Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Tlp: (0260) 4240904 atau SMS/WA: 085 224 950 462 - Email: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - 2016. MEDIAJABAR.com tidak bertanggung jawab atas berita dari situs luar

To Top