Teknologi

Dari Dulu Sampai Sekarang, Halaman Utama Google Tetap Sederhana

SIAPA yang tidak mengenal Google, semua orang pasti tahu. Sudah barang tentu mereka tahu karena hampir semua kegiatan saat ini, pastinya tidak lepas dengan internet. Mau belanjapun sekarang memakai internet, bisa dibilang internet sekarang bagian hidup kita semua.

Banyak hal bisa dicari dalam internet, dan banyak sesuatu yang menakjubkan yang sebelumnya hanya khayalan semata, sekarang menjadi kenyataan. Dan Google adalah salah satu yang mampu mewujudkan khayalan jadi nyata. Dengan Google semua orang sekarang bisa berkirim email ke mana saja.

Selain berkirim email, dengan Google juga kita bisa mengetahui, bumi paling jauh. Tinggal buka halaman Google di browser yang Anda miliki, selanjutnya dunia sekarang berada didepan Anda. Beragam informasi dan hal bisa Anda dapatkan berkat Google, menakjubkan bukan.

Dulu tidak seperti sekarang, dulu untuk mencari informasi itu mungkin menunggu berita dari koran. Sekarang dalam hitungan detik, pertitiwa yang terjadi dimanapun bisa diketahui. Ini merupakan jaman dimana informasi itu sangat mudah diakses, dan Google adalah tujuan utama orang untuk mencari informasi saat ini.

Saat ini Google diketahui sebagai mesin pencari nomor satu di dunia. Dari awal Google yang merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat memang menjadi perusahaan yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Ada dua orang yang menjadi cikal bakal Google berdiri. Adalah Larry Page dan Sergey Brin mereka mendirikan perusahaan Google Inc pada saat mereka masih masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka resmi mendirikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998.

Setelah Google dibangun, mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Google terus berkembang dan akhirnya menjadi mesin perusahaan internet raksasa dan menjadi perusahaan internet nomor saru di dunia, sampai saat ini belum ada yang mampu menandingi Google.

Dari awal Google memiliki misi untuk mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang. Para pendiri Google membuat sebuah slogan tidak resmi yaitu “Don’t be evil”. Ini merupakan sejarah baru internet, karena hanya Google yang mampu bertahan sejauh ini.

Berkat kesuksesan Google yang awwalnya hanya memiliki kantor kecil yakni sebuah garasi. Namun seiring berjalannya waktu, perusahaan semakin besar, dan pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Google Doodle

Dalam perjalannya Google terus melakukan inovasi dalam bisnis internet, beragam inovasi tersebut tentunya mendapat respon baik dari pengguna internet di seluruh dunia. Google pun mendapat banyak pernghargaan dari berbagai lembaga.

Bahkan saat ini salah satu peroduk unggulan Google seperti produk periklanan yakni Google Adense dan situs YouTube yang merupakan situs berbagai video milik Google menjadi produk unggulan, karena paling banyak dicari oleh para pengguna internet diseluruh dunia.

Bebagai perombakan dalam management perusahaan ternyata beberapa kali terjadi di Google, seperti pada 10 Agustus 2015, Google  mengumumkan pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google.

Pada restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sergey Brinn menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google dijabat oleh Sundar Pichai.

Beragam inovasi telah dikeluarkan Google, namun dari mulai Google diluncurkan pada 20 tahun lalu sampai sekarang tampilan utama Google masih terlihat sederhama. Hanya sebuah huruf warna warni bertuliskan Google saja. Terkadang berubah sesuai tema Google Doodle.

Selain itu, tampilan utama Google hanya didominasi tampilan warna putih dan beberapa pilihan menu di sebelah kanan atas, berupa pilihan produk Google. Setelah 20 tahun perusahaan itu berdiri Google belum memberikan sentuhan pada halaman utamanya.

Walaupun Google sudah terlihat melakukan inovasi pada halaman utama yakni tampilan news feed atauai deretan berita. Namun perubahan halaman utama Google itu baru dilakukan Google diproduk aplikasi untuk mobile saja. Sedangkan untuk tampilan di browser masih polos.

Saat ini pengguna internet diseluruh dunia menunggu fitur terbaru Google yang katanya akan menampilkan aliran berita di halaman utama Google seperti news feed di Facebook. Kita tunggu saja, kebenaran kabar tersebut. Google memang perusahaan teknologi yang sealu mengedepankan kualitas, sehingga membuat pengguna betah menggunakan produk yang diciptakan Google.

Comments
To Top