Teknologi

Mekanisme Antikythera Adalah Komputer Tertua Didunia

Mekanisme Antikythera/indosatu

PERNAH mendengar apa itu mekanisme Antikythera? Jika sudah tapi belum mengetahui artinya, mugkin Anda harus kembali membuka beberapa artikel yang membahas tentang  mekanisme Antikythera. Sebab  mekanisme Antikythera adalah penemuan paling canggih pada tahun 150 sebelum masehi.

Dapat dibayangkan betapa canggihnya pada zaman itu,  mekanisme Antikythera sendiri adalah komputer tertua yang diciptakan manusia. Beberapa ilmuawan menybut bahwa  mekanisme Antikythera dibuat oleh orang-orang Yunani kuno.

Awalnya mekanisme Antikythera disebut sebagai kalkulator astronomi berusia 2.000 tahun, namun belakangan alat canggih yang diciptakan pada tahun 150 sebelum masehi itu disebut mekanisme Antikythera. Artefak logam yang merupakan bagian dari mekanisme ini ditemukan lebih dari seabad yang lalu oleh penyelam di dasar lautan.

Penemuan Artefak logam yang merupakan bagian dari mekanisme Antikythera mengubah pandangan dunia terkait penemuan komputer pada abad ke-20. Hal ini tentunya harus dipikirkan kembali karena mekanisme Antikythera sudah dibuat pada 150 tahun sebelum masehi, ini artinya komputer di zaman dahulu sudah ada dan lebih canggih.

Sampai saat ini misteri mekanisme Antikythera masih terus diteliti oleh para ilmuwan dari seluruh dunia. dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti mulai menguak satu per satu rahasianya.

Pakar sejarah astronomi kuno yang berbasis di Institute for Study of the Ancient World di New York, Profesor Alexander Jones mengatakan mekanisme Antikythera telah mengajarkan kepada ilmuwan bahwa para mekanik Yunani kuno dapat merancang dan membangun perangkat yang sangat kompleks. Perangkat itu memiliki skala yang sangat kecil.

Diungkapkan pada tahun 2016 lalu, bahwa informasi terbaru. Hasil pembacaan terhadap 35.000 karakter Yunani berukuran kecil di perangkat itu ternyata menguraikan beberapa keajaiban teknik paling menakjubkan sepanjang sejarah.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mekanisme Antikythera, dapat menampilkan secara visual fase bulan saat ini dengan sebuah bola setengah bola putih yang berputar. Ini juga menunjukkan posisi relatif matahari dan bulan di langit.

Bahkan, alat itu bisa memprediksi warna gerhana bulan yang akan datang, meski berhubungan dengan pertanda Yunani kuno. Tentu saja, fakta-fakta itu cukup mencengangkan dan teknologinya sudah jauh lebih maju dibanding zamannya.

Comments
To Top