Teknologi

Muncul di Google Doodle Hari ini, Apa Itu Mekanisme Antikythera?

google doodle hari ini

HALAMAN utama Google atau lebih dikenal dengan Google Doodle hari ini menampilkan sebuah gambar artefak logam yang merupakan bagian dari kalkulator astronomi berusia 2.000 tahun yang dibuat oleh orang-orang Yunani kuno, yang kemudian disebut mekanisme Antikythera.

Pantauan Mediajabar.com, Rabu (17/5/2017), dalam Google Doodle terlihat kotak persegi panjang berwarna hitam dengan tulisan Google, lalu pada huruf o kedua terdapat artefak logam yang merupakan bagian dari  mekanisme Antikythera.

Sebenarnya apa itu mekanisme Antikythera? Dapat dijelaskan bahwa mekanisme Antikythera adalah komputer yang ditemukan pada tahun 150 sebelum masehi, itu berarti mekanisme Antikythera ditemukan jauh sebelum abad-20. Tentunya hal ini menjadi perbincangan hangat karena ada teknologi canggih yang ditemukan pada masa lalu.

catatan penting untuk Anda yang mengira bahwa komputer baru ditemukan pada abad ke-20 mungkin saatnya untuk dipikirkan kembali. Jauh sebelum itu, sekitar 150 tahun sebelum masehi, Sebuah teknologi yang disebut mekanisme Antikythera sudah ditemukan, bahkan dinilai lebih canggih.

Sudah satu dasawarsa lebih para ilmuan terus berusaha memecahkan penemuan mekanisme Antikythera. Sedikit demi sedikit tentang misteri benda berteknologi tinggi yang diciptakan oleh orang-orang Yunani Kuno itu mulai terkuak.

Untuk memperingati 115 tahun penemuan mekanisme Antikythera, yang pertama kali ditemukan oleh eorang arkeolog Yunani bernama Valerios Stais menemukan artefak dari kapal karam di Pulau Antikythera, Yunani, Google merayakannya dengan menampilkan  mekanisme Antikythera di Google Doodle hari ini.

Penemuan artefak yang sekarang disebut mekanisme Antikythera ditemukan pada 17 Mei 1902.  Valerios Stais merupakan orang pertama yang memperhatikan proses menarik perunggu di antara harta karun tersebut yang kemudian dinamai mekanisme Antikythera.

Comments
To Top