Teknologi

Ponsel Tanpa Baterai Telah Ditemukan

ILMUWAN telah menciptakan prototipe ponsel yang tidak memerlukan baterai untuk dioperasikan. Hal tersebut tentunya membuat ponsel di masa depan tidak memerlukan charger.

Prototipe yang sangat efisien hanya membutuhkan 3,5 microwatt jus ini diciptakan oleh ilmuwan dari University of Washington. Dijeskan bahwa prototipe itu bekerja menggunakan pendekatan inovatif untuk menghindari kebutuhan akan sel baterai.

Ponsel yang menggunakan prototipe tersebut tidak akan menggunakan baterai, namun sebagai gantinya, ponsel tersebut menggunakan daya ambien dari sinyal radio dan cahaya, sel surya onboardnya yang berukuran sebutir beras untuk mengirimkan sinyal kembali ke stasiun pangkalan sejauh 50 kaki jauhnya.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa prototipe itu sendiri terbuat dari bahan sederhana yakni, tombol sentuh kapasitif, papan sirkuit, dan komponen lainnya.

Adapun yang lebih mengesankan adalah bahwa tim ilmuwan mampu membuat stasiun pangkalan khusus untuk mentransmisikan sinyal dengan sejumlah kecil daya.

Dengan menggunakan konfigurasi ini, para peneliti berhasil membuat dan menerima panggilan (melalui Skype) dan penelepon tempat ditahan.

Namun para ilmuwan mengatakan, mereka ingin memperbaiki prototip dengan menambahkan layar e-link dengan kemampuan dan enkripsi video-streaming untuk membuat panggilan lebih aman.

Peneliti yang memaparkan hasil laporan tersebut, Vamsi Tall mengatakan, teknologi base station yang mereka kembangkan, meski masih merupakan prototipe awal, memungkinkan ponsel bebas baterai menjadi ada dimana-mana.

Comments
To Top