Teknologi

Sejarah Hip Hop Muncul di Google Doodle Hari Ini

SEJARAH Hip Hop muncul di halaman utama Google atau Google Doodle, Jumat (11/8/2017). Mesin pencari paling populer itu memperlihatkan cerita awal mula musik Hip Hop tercipta.

Dengan grafiti warna-warni bertuliskan Google. Lalu jika diklik kan muncul sebuah video yang menceritakan perjalanan musik Hip Hop. Google membuat video tersebut sebagai bentuk ikut merayakan ulang tahun ke-44 kelahiran Hip Hop.

Berlanjut, setalah video selesai. Pengguna Google akan disuruh bermain musik Hip Hop, di mana pengguna Google bisa merasakan sendiri cara mixing lagu Hip Hop. Google menyediakan dua buah alat mixing lagu Hip Hop.

Permainan bermain musik Hip Hop itu sendiri disertai dengan tutorial singkat. Jadi, semua orang dijamin bisa memainkan permainan itu dengan mudah. Anda bisa mutar alat mixing dengan menggunakan mouse.

Dari sejarah yang diceritakan lewat video di halaman utama Google, Hip hop sendiri lahir pada 11 Agustus 1973. Musik itu lahir dari sebuah pesta di daerah Bronx, New York City. Tempat pastinya adalah 1520 Sedgwick Avenue.

Hip hop lahir dari tangan Clive Campbell atau lebih dikenal dengan nama DJ Kool Herc. Ia sendiri disebut-sebut sebagai founding fater of hip hop,

“Dengan menggunakan dua turntable, DJ memperpanjang break instrumen sehingga semua orang di pesta bisa menari lebih lama,” tulis Google di video animasi tersebut.

Gaya tarian yang ada di pesta itu disebut breakdance atau juga dikenal dengan tari kejang di Indonesia. Oleh karena itulah, gerakan tari kejang disebut salah satu unsur dari musik Hip Hop.

Unsur lain dari Hip Hop adalah MC. Sebagian orang menyebutkan sebagai rap. MC inilah yang menambahkan ritme ke musik dengan “nyanyiannya”.

Pesta pada tanggal 11 Agustus 1973 sendiri dinobatkan sebagai hari kelahiran Hip hop. Pasalnya, pesta tersebut berlangsung begitu meriah berkat musik baru yang diperdengarkan oleh DJ Kool Herc.

Istilah hip hop sendiri belum begitu terkenal pada saat itu. Baru enam tahun setelahnya, kata hip hop mulai banyak dibicarakan.

Comments
To Top