Tokoh

Zhou Youguang, ‘Bapak Pinyin’ Dunia yang Meninggal di Usia 111 Tahun

Zhou Youguang

Genap setahun sudah Zhou Youguang meninggal dunia. Tepat di tanggal 14 Januari 2017 ekonom, bankir, sekaligus ahli bahasa terkenal itu meninggal di usianya yang menginjak 111 tahun.

Dunia mengenal sosok Zhou Youguang sebagai ‘Bapak Pinyin’. Beliau adalah pencipta sistem aksara Tionghoa yang disederhanakan ke dalam alfabet Romawi atau dikenal sebagai sistem pinyin.

Sehingga sampai saat ini sistem itu membuat bahasa Mandarin menjadi mudah dipelajari oleh semua orang dari berbagai latar belakang bangsa yang menggunakan huruf latin, termasuk Indonesia.

Jika Zhou Youguang tidak membuat sistem pinyin, tentunya terjemahan fonetik ini tidak akan pernah terjadi, dan dunia akan tetap mengacu pada ‘Beijing’ sebagai ‘Peking’, dan ‘Chongqing’ sebagai ‘Chungking’.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-112, Google membuat animasi pinyin ke huruf Cina dengan disertai foto Zhou Youguang. Tampilan utama dalam Google itu disebut laman Google Doodle.

Google menuliskan bahwa, Youguang menghabiskan tiga tahun mengembangkan sistem ‘suara terbabarkan’ yang sekarang menjadi standar internasional untuk bahasa China.

Halaman utama Google hari Sabtu (14/1/2018) menampilkan sosok Zhou Youguang

Sistem baru ini mengubah tingkat melek huruf China, memberikan alur yang lebih alami ke dalam bahasa tertulis, yang membutuhkan penguasaan ribuan karakter.

Ini menjembatani beberapa dialek Cina dengan sebutan suara yang sama. Saat ini, anak-anak sekolah mempelajari bahasa Pinyin sebelum karakter, dan sering digunakan untuk memasukkan karakter pada ponsel cerdas dan komputer.

Mengejar kecintaannya terhadap bahasa sepanjang hidupnya, Youguang menulis lebih dari 40 buku dan menerjemahkan Encyclopedia Britannica ke bahasa China.

Lahir pada hari ini sebagai Zhou Yaoping, ahli bahasa bertingkat ini kemudian mengadopsi nama pena ‘Yougang’ karena dia ingin ‘membawa terang’ ke dunia. “Hari ini, kami merayakan ulang tahun 112 Yougang yang akan menjadi sorotan khusus,” tulis Google.

Comments
To Top