Bisnis

Kuasa Pasar Indonesia, Xiaomi Jalin Kerjasama dengan Lazada

JAKARTA -Walapun terbilang pendatang baru, ternyata Xiaomi sudah menjadi raksasa ponsel dunia. Untuk mempertahankan pencapaiannya itu, produsen ponsel asal Cina akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak,

Seperti di Indonesia, Xioami sudah menjalin kerjasama dengan e commerce terbesar yakni Lazada. Kesepakatan kerjasama itu sudah terjalin,  Xiaomi-Lazada baru saja menandatangani nota kesepahaman.

Penandatangan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperdalam kerja sama antara kedua perusahaan, sekaligus mendorong pertumbuhan dua perusahaan di Indonesia.

Xiaomi menegaskan kerjasama ini dilakukan untuk lebih meningkatkan brand presence perusahaan. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk menjadi pemimpin pasar ponsel pintar atau smartphone di Indonesia.

Head of Xiaomi South Pacific Region, Xiaomi Indonesia Country Manager, Steven Shi dalam keterangan resminya mengatakan Lazada adalah pelopor dalam belanja online di Indonesia dan sudah berhasil mengumpulkan banyak pengunjung.

“Kerja sama ini mempermudah kami dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan harga sebenarnya ke lebih banyak pelanggan,” katanya seperti dikutip dari sisidunia.com.

Xiaomi sendiri baru saja meluncurkan perangkat terbarunya ke pasar Indonesia yang juga dipasarkan melalui Lazada, yakni Redmi 5A. Khusus untuk produk anyar ini, Xiaomi mengklaim Redmi 5A merupakan smartphone terbaik di kelasnya.

Ponsel pintar yang mempunyai bentang layar 5 inci ini sudah menjalankan MIUI 9 berbasis Android 7.1.2. Guna menunjang performanya, Redmi 5A dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh.

“Ketimbang smartphone lain di kelasnya dengan layar ukuran 5 inci, Redmi 5A sudah didukung dengan Snapdragon 425 dan RAM 2 GB,” ujar Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung.

Di kisaran harga Rp 1 juta, spesifikasi itu membuat smartphone ini berhasil mengungguli kompetitor. Urusan fotografi, smartphone ini memiliki kamera utama 13MP yang didukung dengan fitur PDAF. Sementara kamera depan beresolusi 5MP untuk keperluan swafoto.

“Untuk di kelasnya, Redmi 5A sudah memiliki kamera utama 13MP dengan fitur PDAF. Fitur ini membuat kamera perangkat ini menjadi yang terbaik di kelasnya,” tutur Donovan menjelaskan.

Smartphone yang mempunyai bentang layar 5 inci ini sudah menjalankan MIUI 9 berbasis Android 7.1.2. Redmi 5A dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh, guna menunjang performanya.

Lantas, berapa harga smartphone ini? Donovan menuturkan harga Redmi 5A di Indonesia adalah Rp 999.000, lebih murah dari harga di Tiongkok, yakni Rp 1,3 juta.

Menurutnya, karena dukungan sejumlah mitra Xiaomi di Tanah Air harga jual Redmi 5A di Indonesia menjadi lebih mura. Untuk Redmi 5A, Xiaomi bekerja sama dengan Qualcomm, Erajaya, Indosat Ooredoo, dan Lazada.

Xiaomi sendiri sudah menerapkan model bisnis yang membuat produknya berhasil dijual lebih murah, selain kerja sama itu. CEO Xiaomi Lei Jun, menyebut Xiaomi tak mengambil untung dari produk yang dijualnya.

“Harga Xiaomi lebih murah karena kami tak mengambil untung. Kami menekan sejumlah biaya lain sehingga harga jual barang sama dengan harga modal. Hal itu yang membuat kami berhasil menjualnya lebih murah,” tuturnya.

Salah satu lini pengeluaran yang ditekan, menurut Lei Jun, adalah pemasaran dan penjualan. Saat berkunjung ke Indonesia pertama kali, ia mengatakan, di masa awal berdiri, Xiaomi hanya memfokuskan pengeluaran untuk kebutuhan pengembangan dan penelitian, termasuk material produk.

“Lima tahun pertama, kami tak pernah mengeluarkan budget untuk pemasaran dan penjualan. Kami lebih memfokuskan pada pengolahan bahan mentah, termasuk bidang pengembangan dan riset,” ujarnya menjelaskan.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top