Daerah

Bupati Sampaikan Nota Jawaban Hak Interpelasi Sari Ater, DPRD Tidak Puas

SUBANG – Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih menyampaikan nota jawaban Bupati Subang atas diajukannya hak interplasi pimpinan dan anggota DPRD Subang atas tanah hak milik Pemkab yang dikerjakan dengan PT Sari Ater.

Rapat paripurna hak interpelasi yang dilaksanakan di gedung DPRD Subang, Jumat (9/2/2018) itu terlihat dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD, Muspida, kepala OPD, dan Tokoh Masyarakat.

Menurut Bupati Imas, kaitannya dengan hak interplasi yang saat ini digulirkan oleh pimpinan dan anggota DPRD Subang merupakan tindak lanjut hasil rapat Bamus DPRD Subang tanggal 22 Januari 2017 lalu.

“Maka kami sampaikan bahwa kami (bupati) mengetahui telah terjalin kerjasama antara Pemkab Subang dengan PT. Sari Ater dalam mengembangkan obyek wisata alam air panas Ciater yang diberi nama kontrak bagi keuntungan obyek wisata air panas ciater,” katanya.

Adapun untuk pendapatan/keuntungan yang diberikan yaitu pajak hotel, restoran, hiburan, parkir, air bawah tanah dan reklame sebesar Rp 5,7 Miliar, pengelolaan obyek wisata air panas Ciater sebesar Rp 6,3 Miliar, PBB sebesar Rp 263 juta.

“Sementara hak pakai tanah 90.000 meter (9 hektar), namun luas tanah hanya seluas 65.480 meter (6,548 hektar) dengan demikian kekurangan 2.452 hektar. Para pihak sepakat akan dipenuhi oleh pihak Sari Ater melalui proses hibah tanah seluas 2.452 hektar hasil pembelian pihak kedua,” katanya.

Inisiator Hak Interplasi DPRD Lutfi Isror Al-faroby mengatakan pihaknya masih belum puas dengan jawaban Bupati Subang tersebut. Sejumlah pokok permasalahn, kata Lutfi belum terjawab eksekutif.

Dia bersama puluhan anggota lainnya bersepakat untuk menggunakan hak angket terhadap eksekutif. “Kita sudah dapati beberapa masalah, sehingga kita akan ambil Hak Angket. Poinnya, bagaimana aset oitu dikuasai Pemkab dulu, setelah itu silakan dilakukan pengelolaan, apakah melalui lelang atau bagaimana,” katanya.

Selain menggelar paripurna hak interpelasi, DPRD juga menggelar rapat paripurna penyampaian jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap dua buah perubahan Raperda Perubahan PD. BPR Subang menjadi PT. BPR Subang dan izin mendirikan bangunan (IMB).

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top