Daerah

H-6 Lebaran, Tol Cipali Mulai Dipadati Pemudik

SUBANG – Memasuki H-6 Lebaran, arus kendaraan yang melintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Subang mengalami lonjakan signifikan dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Atas lonjakan tersebut, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola tol terpanjang di Indonesia ini, mengimbau para pemudik mengatur jadwal keberangkatan mudik agar tidak terjebak kemacetan arus.

“Kami menghimbau para pemudik untuk mengatur waktu perjalanannya dengan memantau lalulintas di rute yang akan dilaluinya, agar tidak terjebak kemacetan,” ujar GM Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Suyitno, melalui Tim Komunikasi PT LMS Okky Brahma, Sabtu (9/6/2018).

Dia mengungkapkan, berdasarkan data yang dimilikinya, hingga pukul 14.00 WIB siang tadi, jumlah kendaraan pemudik yang melintas di Tol Cipali di GT Palimanan mencapai 32.175 unit.

Jumlah tersebut meningkat signifikan 77% dibandingkan hari sebelumnya, Jumat (8/6/2018) yang mencapai 18.103 unit kendaraan.

“Rata-rata jumlah kendaraan yang melintas di gerbang exit sebanyak 3.000 unit/jam. Peningkatan arusnya mencapai 77,73% dibandingkan hari Jumat,” katanya.

Karena itu, pihaknya mengimbau para pemudik untuk selalu memantau lalulintas di rute yang akan dilaluinya, agar tidak terjebak kemacetan.

“Kami juga menyarankan para pemudik mengisi BBM di luar Tol Cipali terutama pada saat arus mudik dan arus balik nanti, agar tidak terjadi penumpukan di dalam RSA, cek saldo UE sebelum masuk tol dan secara berkala, pastikan saldo cukup dan gunakan 1 kartu UE untuk 1 kendaraan. Pastikan masuk-keluar tapping dengan kartu UE yang sama,” paparnya.

Selain itu, para pemudik diharapkan memperhatikan hal-hal terkait keselamatan, seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalulintas, dan bila perlu pasang aplikasi googlemaps/waze untuk mengetahui posisi.

Guna kenyamanan para pemudik, pengelola Tol Cipali menyiapkan sejumlah fasilitas, di antaranya parking bay baru yang dilengkapi fasilitas toilet berlokasi di KM 153+400 A (arah Cirebon) dan KM 155+200 B (arah Jakarta).

Pengelola juga memiliki delapan rest area di sepanjang Tol, yakni empat rest area tipe A (besar) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, SPBU, bengkel siaga, dan layanan kesehatan sementara, berlokasi di KM 102 arah Cirebon, KM 101 arah Jakarta, KM 166 arah Cirebon dan KM 164 arah Jakarta.

Selanjutnya empat rest area tipe B (kecil) dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, berlokasi di KM 86 arah Cirebon, KM 86 arah Jakarta, KM 130 arah Cirebon, dan KM 130 arah Jakarta.

Comments
To Top