Daerah

H-7 Lebaran, Pemudik Mulai Padati Rest Area Tol Cipali

SUBANG – Memasuki H-7 Idul Fitri 2018, sejumlah pemudik sudah mulai terlihat memadati sejumlah rest area yang berada di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Dari pantuan didua rest area yang berada di wilayah Subang yakni rest area KM 86 dan KM 102 sejumlah pemudik sudah mulai terlihat ada peningkatan jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Sejumlah tempat parkir yang berada di areal rest area sudah mulai dipadati kendaraan pemudik dari Jakarta. Tempat istirahan dan makan serta toilet juga terlihat mulai ramai.

“Hari ini sudah ada peningkatan, kita lihat di rest area KM 102 biasanyakan kalau hari Jumat tidak sepenuh ini. Namun kali ini dari pagi¬†sampai sore mengalami peningkatan,” kata Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni saat memantau kesiapan jalur mudik di tol Cipali bersama unsur Muspida Subang, Jumat (8/5/2018).

Kapolres mengatakan untuk puncak arus mudik lebaran tahun ini diprediksi akan terjadi mulai hari Sabtu dan Minggu. Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada pemudik untuk tetap mengikuti arahan dari petugas yang berjaga disepanjang tol Cipali.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan, Kapolres akan berkoordinasi dengan pihak rest area agar memberlakukan pembatasan waktu istirahan, maksimal 1 jam.

“Kita prediksi nanti malam sampai nanti keesokan hari akan ada peningkatan arus, dan puncak arus mudik kita prediksi akan terjadi pada hari Minggu,” katanya.

Kapolres bersama unsur Muspida dan perwakilan dari beberapa OPD terlihat memantai beberapa paslitas umum yang berada di dua rest area tersebut. Mulai dari pasilitas toilet, tempat parkir dan pasilitas kesehatan.

“Dari pantauan kita, sudah ada peningkatan saran dan prasarana di rest area. Tahun kemarinkan toilet itu baru ada 13, sekarang sudah ada 27 toilet. Selain itu, di rest area KM 86 sudah SPBU mobile karena disana tidak ada SBPU seperti di rest area 102. Ini tentunya sangat membantu,” katanya.

Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim yang ikut memantau kesiapan jalur mudik mengatakan sangat mengapresia semua pihak dalam mempersiapkan segala hal untuk membuat pemudik merasa aman dan nyaman saat melewati daerah Subang.

“Hari ini kita bersama Kapolres, Dandim, dan OPD serta pihak terkait lainnya memantau jalur mudik di tol Cipali, hasilnya kita sudah siap menyambut pemudik,” kata Ating.

Sejumlah posko kesehatan dan toilet umum serta pasokan BBM sudah disediakan di rest area yang berada di tol Cipali. “Jadi jangan khawatir, semua sudah disipkan. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” katanya.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top