Daerah

Inilah Pembagian Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Subang

SUBANG – Rapat Koordinasi Uji Publik Usulan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Dapil Anggota DPRD 2019 telah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang dan menghasilkan alokasi 50 kursi di 7 Dapil di Subang.

Komisioner Divisi Teknis, SDM dan Parmas, Ahmad Koncara, mengatakan  penyusunan Dapil dan alokasi kursi telah sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomer 16 tentang Penyusunan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi untuk Anggota DPR, DPR Provindi dan DPRD Kabupaten/Kota untuk pemilu tahun 2019.

Lalu diperkuat oleh Keputusan PKPU RI No. 18 terkait Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penyusunan atau Uji Publik untuk Alokasi Kursi dan Dapil. Ini pun telah dilaksanakan penyusunannya memenuhi tujuh asas prinsi-prinsip penyusuan.

“Yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsional, integritas wilayah, dalam cakupan wilayah yang sama, kosifitas dan kesinambungan,” kata Ahmad kepada wartawan usai Rakor di Hotel Grant Subang, Minggu (11/2/2018).

Kemudian kata Ahmad, Uji Publik Pembentukan telah ditandatangani masing-masing pimpinan dan perwakilan partai politik di Kabupaten Subang. “Hasilnya akan dilaporkan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi,” jelasnya.

Kemudian, kata dia KPU Provinsi akan melakukan supervisi terkait Dapil dan alokasi kursi ini. Hasilnya penetuan Dapil di Kabupaten Subang tetap seperti sebelumnya yaitu 7 dapil dengan jumlah alokasi kursi sebanyak 50 kursi.

Adapun rinciannya dapil dan alokasi kursinya sebagai berikut: Dapil 1 meliputi Subang, Cibogo dan Cijambe dengan jumlah 6 kursi, Dapil 2 meliputi Sagalaherang, Cisalak, Jalancagak, Tanjungsiang, Serangpanjang, Kasomalang dan Ciater dengan jumlah 8 kursi.

Selanjutnya Dapil 3 meliputi Kalijati, Pabuaran, Cipeundeuy dan Dawuan dengan jumlah 6 kursi, Dapil 4 meliputi Ciasem, Blanakan dan Patokbeusi sebanyak 8 kursi, Dapil 5 meliputi Pusakanagar, Pamanukan, Legonkulon, Sukasari dan Pusakajaya sebanyak 7 kursi,

Lalu Dapil 6 meliputi Pagaden, Compreng, Cipunagara dan Pagaden Barat sebanyak 6 kursi dan Dapil 7 meliputi Purwadadi, Binong, Cikaum dan Tambakdahan dengan 6 kursi.

Pada kesempatan tersebut disusun rencana kegiatan dalam Penetapan Pasangan Calon Bupati Subang pada 12 Pebruari 2018 di Kantor KPU Kabupaten Subang dan Deklarasi Damai Pasangan Calon Bupati Subang pada 13 Pebruari 2018 di Alun-Alun Subang.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top