Daerah

KASBI Subang Tuding PT Cibadak Indah Sari Farm Ngeyel

SUBANG – Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Persatuan Kongres Aliansi Serikat Buruh indonesia (FSBP-KASBI) Subang menuding PT Cibadak Indah Sari Farm ngeyel.

Hal tersebut disampaikan KASBI Subang saat melaksanakan dengar pendapat yang dihadiri pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Subang, DPRD dan puluhan buruh di Ruang Bamus DPRD Subang, Jumat (23/2/2018).

Buruh PT Cibadak Indah Sari Farm yang tergabung dalam KASBI Subang menyayangkan sikap perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak.

“Kita beberapa kali melakukan musyawarah, tapi dalam hal ini perusahaan tidak mau menyelesaikan masalah ini dengan baik-baik. Sudah mencoba, namun kali ini saja perusahaan itu tidak hadir, itu artinya perusahaan ngeyel,” kata Sekertaris Umum KASBI Rahmat Saputra.

Awalnya perusahaan melakukan PHK sepihak terhadap 10 orang buruh, pihaknya sudah melakukan upaya musyawarah dengan pihak perusahan sampai dinas dan DPRD. Namun sampai saat ini belum selesai juga.

“Malahan hari ini malah ada 25 buruh lagi yang di-PHK, tentunya persoalan ini harus segera diselesaikan. Maka dari itu DPRD dan dinas terkait disini harus mencari solusinya seperti apa,” katanya

Dalam hal ini, KASBI Subang menyayangkan sikap perusahaan yang melakukan PHK sepihak. “Dalam aturankan, PHK dilakukan setelah melalui Pengadilan Hubungan Industrialisasi, tapi itukan tidak pernah ditempuh. Bahkan sampai saat ini hak-hak normatif buruh tidak dijalankan oleh perusahaan,” katanya.

Rahmat juga saat menyayangkan karena bukannya segera menyelesaikan permasalahan dengan menghentikan PHK dan melaksanakan seluruh hak normatif buruh, perusahan saat ini malah mendatangkan perusahan baru yang melakukan pemborongan tenaga kerja.

“Iya, ketika kita mencari solusi untuk menyelesaikan makalah ini, hari ini justru mendatangkan PT Anaba Indonesia, untuk melakukan pemborongan tenaga kerja. Memang kalau menurut aturan tidak apa-apa, namun harusnya sesuaikan dulu maslah dengan buruh disini,” katanya.

Pihaknya juga menegaskan dalam melakukan penyelesaian terhadap permasalah buruh di PT Cibadak Indah Sari Farm pemerintah harus serius jangan sampai tidak diselesaikan.

“Pemerintah harus tegas, jangan sampai ada oknum yang bermain,” katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Subang Raska yang menerima perwakilan buruh dalam dengar pendapat tersebut mengatakan siap mengawal dan mengakomodir semua aspirasi buruh.

“Semua aspirasi yang disampaikan hari ini tentunya akan kita tidak lanjut dan segera dicarikan solusinya,” kata Raska.

Perusahaan PT Cibadak Indah Sari Farm yang berada di Kampung Cerelek Desa Gunung Sembung Kecamatan Pagaden, Subang itu memang sudah beberapa kali dikirimi surat oleh dinas terkait, namun tidak pernah ditanggapi.

“Kalau dari disnaker sendiri memang ada itikat baik untuk membantu buruh dalam menyelesaikan ini, namun memang belum ada tanggapan. Ini yang harus kita pikirkan kedepan agar permasalah ini segera selesai,” katanya.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top